BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Terumbu Karang yang Terancam di Asia tenggara

Laporan ini didedikasikan untuk mengenang Don McAllister. Don memiliki kecintaaan yang besar pada dunia kelautan dan telah mendedikasikan hidupnya untuk meningkatkan kesadaran tentang keajaiban dunia laut serta mempromosikan konservasi ekosistem laut dan pesisir. Upayanya yang tak kenal lelah dan banyak tulisan yang telah dihasilkan akan terus dihargai.

Summary: 

Ketergantungan yang tinggi terhadap sumberdaya laut telah menyebabkan eksploitasi besar-besaran dan kerusakan terumbu karang, terutama yang dekat dengan pusat pemukiman penduduk. Ancaman utama terumbu karang ialah penangkapan ikan berlebihan, praktek penangkapan ikan yang merusak, sedimentasi serta pencemaran yang berasal dari daratan.

Meskipun telah diakui secara luas bahwa terumbu karang sudah sangat terancam, informasi mengenai status dan sumber ancaman pada area terumbu karang yang tertentu, sangatlah terbatas. Minimnya informasi ini menghambat pengambilan keputusan yang efektif menyangkut sumberdaya pesisir. Proyek Terumbu Karang yang Terancam dikembangkan untuk mengatasi kekurangan ini dengan membuat indikator yang distandardisasi untuk meningkatkan kesadaran mengenai ancaman terhadap terumbu karang, serta menyoroti hubungan antara aktivitas manusia dan kondisi terumbu karang.

Rating: 
No votes yet