BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pempus Bantu Bangun Rumah Autis di Ambon

Friday, 31 July 2015
Pempus Bantu Bangun Rumah Autis di Ambon

Ambon - Kota Ambon dalam waktu dekat dipastikan akan memiliki rumah autis, sama seperti di kota-kota lainya di Indonesia. Dengan demikian maka para penyandang disabilitas di kota ini tak perlu lagi cemas, sebab rumah austis ini akan memiliki fasilitas yang memadai termasuk sekolah, asrama dan taman bermain.

Walikota Ambon Richard Louhenapoessy menjelaskan, rumah autis ini, akan dibangun di Desa Passo tepatnya berdampingan de­ngan Klinik Mata Ambon-Vlisingen dan Dinas Sosial Kota. Hal ini agar mem­permudah untuk mengontrol sekaligus membina para penyandang disabilitas di Kota Ambon.

“Kita sudah dapat kepastian dari pem­pus lewat APBN un­tuk bantu pemba­ngunan rumah autis ini dan dalam waktu dekat kita sudah mulai membangun­nya,” ungkap wali­kota, kepada warta­wan di Balai Kota, Kamis (30/7).

Dikatakan, untuk membangun se­buah rumah autis yang dilengkapi fasi­litas yang memadai membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun semua itu terbantukan dengan dana dari APBN. Rumah autis ini akan dibangun untuk menampung cukup banyak para penyandang autis serta para guru dan pengawas.

“Kita memiliki guru yang mampu mengajar para pe­nyandang disa­bilitas dan berikan perha­tian bagi anak yang keku­ra­ngan men­tal sehing­ga da­pat pendidikan serta tempat tinggal yang layak,” ujarnya.

Selama ini, kata walikota, para pe­nyandang disabilias memang masing-ma­sing tinggal di rumah mereka dan belum mendapatkan pendi­di­kan yang maksimal seperti para siswa formal lainnya.

“Kita berharap ada pemerataan pendidi­kan bagi siapa saja, se­hingga kita perlu­kan rumah autis, dengan demikian se­mua anak penyan­dang disabilitas dapat ditam­pung dan diberikan pembinaan pada satu lokasi,” pungkasnya. (S-39)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pempus_bantu_bangun_rumah_autis_di_ambon#sthash.hqZm8wme.dpuf

Related-Area: