BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Artikel/Opini

BaKTI Highlight 2016

Kegiatan Pertukaran Pengetahuan

Di tahun 2016 terdapat 65 event pertukaran pengetahuan  yang dilaksanakan di Kantor BaKTI yang dihadiri oleh 1541 orang peserta yang terdiri dari 774 orang perempuan (50.23%) dan 767 orang peserta laki-laki (49.77%) dan berasal dari berbagai latar belakang.  Event-event ini dilaksanakan oleh BaKTI dan juga mitra BaKTI, beberapa di antaranya adalah:

Mama Follo, Tidak Berhenti Peduli Perempuan dan Anak

Oleh M. GHUFRAN H. KORDI K.

Mereka yang peduli perempuan dan anak tidak hanya berada di kota-kota besar. Pun tidak hanya terbatas pada lembaga/organisasi besar yang mempunyai nama yang populer dan prestisius. Di kota-kota kecil yang berada di daerah terpencil dan pinggiran pun terdapat inidvidu-individu yang bekerja keras untuk kepentingan perempuan dan anak.

Muli, Gurunya Para Ibu

Oleh Agusnawati & M. GHUFRAN H. KORDI K.


Bagi aktivis dan pendidik kritis, nama Paulo Freire dan Ivan Illich adalah maha guru untuk pembebasan. Istilah konsientisasi (contiencizacao) atau penyadaran adalah istilah yang populer dan melekat dengan Paulo Freire. Baik Paulo Freire maupun Ivan Illich menekankan bahwa, pendidikan harus meningkatkan daya kritis, memberdayakan, membebaskan, dan memanusiakan.

Meningkatkan Kelembagaan Urusan Perempuan dan Anak

Oleh IBRAHIM FATTAH & M. GHUFRAN H. KORDI K. 

Sebagian besar masyarakat dan aparat pemerintah menganggap bahwa, urusan perempuan dan anak adalah urusan kecil atau urusan ecek-ecek. Anggapan ini berasal perspektif atau pandangan yang keliru yang berakar dari masyarakat patriarki yang memandang rendah terhadap perempuan dan anak. Perempuan ditempatkan sebagai manusia kelas dua setelah laki-laki, sedangkan anak semakin menjauh karena berada di kelas tiga setelah laki-laki dan perempuan dewasa.

Pages