BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemkot Harus Miliki Badan Penyuluh

Friday, 26 June 2015
Jadi Kota Sentra Ekonomi
Pemkot Harus Miliki Badan Penyuluh

Ambon - Sampai saat ini Kota Ambon belum memiliki badan penyuluh pertanian maupun peternakan. Padahal kota ini menjadi sentra ekonomi di Provinsi Maluku namun ternyata alami ketertinggalan dari kabupaten/kota lain.

Salah satu penyuluh swadaya Provinsi Maluku, Ampi Tulalessy mengatakan, pemkot seharusnya menyusun struktur badan penyuluh, karena dengan adanya badan ini bisa mengetahui berapa banyak lahan yang pertanian sekaligus jumlah produksinya.

“Kami sangat berharap Kota Ambon miliki badan penyuluh. Jadi kami harap secepatnya dibentuk sehingga tidak perlu berada dibawah dinas lagi,” ujar Tulalessy dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPRD dan Dinas Pertanian Kota Ambon, di ruang sidang utama, Baileo Rakyat Belakang Soya, Kamis (25/6).

Badan penyuluh ini, kata Tulalessy, memiliki manfaat yang cukup besar bagi para petani, sehingga apa yang menjadi keresahan mereka bisa teratasi.  Jika badan ini tidak dibentuk, maka pemkot tidak akan pernah tahu berapa banyak lahan yang ada di kota ini serta berapa banyak hasil yang diproduksikan dari lahan-lahan tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Rofik Afiffudin mengatakan, pembentukan badan ini, masih diragukan oleh Dinas Pertanian namu, pihaknya akan mendorong untuk secepatnya dibentuk. Disisi lain Dinas Pertanian juga diminta untuk melakukan evaluasi lahan, jangan sampai tenaga penyuluh lebih banyak dari jumlah lahan yang ada. (S-40)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pemkot_harus_miliki_badan_penyuluh#sthash.NyhD9HUR.dpuf

Related-Area: