BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Jadi Model Program Wanita Hebat Maluku Dijatahi 500 TKW Profesional

Thursday, 18 June 2015
Jadi Model Program Wanita Hebat
Maluku Dijatahi 500 TKW Profesional

Ambon - Provinsi Maluku men­dapat keperca­yaan pemerintah pusat untuk men­jadi model program Wanita Indonesia Hebat.

Maluku bersama lima provinsi lainnya yaitu  Jawa Barat, Ja­wa Tengah, Jawa Timur, Nusa Teng­ga­ra Barat dan Nusa Tenggara Timur menjadi model program Wanita Indonesia Hebat yaitu pusat pelatihan dan peningkatan kualitas dan kompe­tensi para calon Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Maluku bahkan dipercayakan un­tuk terlebih dulu melakukan seleksi untuk memenuhi kuota 500 TKW diantara enam provinsi yang ada.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka agar menjadi TKW yang berkeahlian dan berketahanan sehingga mempunyai posisi tawar yang kuat. Maluku tahun ini dapat dijadikan model program Wanita Indonesia Hebat, karena tahun ini seleksi berawal dari sini sehingga provinsi lain dapat belajar dari Maluku,” jelas Menteri Pember­dayaan Perempuan dan Perlindu­ngan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise saat membuka seleksi calon peserta pelatihan TKW Program Wanita Indonesia Hebat di Baileo Siwalima, Rabu (17/6).

Ia mengatakan, jika di provinsi lain masih perlu mencari balai untuk tempat latihan, ternyata Maluku telah terlebih dulu me­nyiapkan fasilitas untuk mendu­kung suksesnya pelatihan yang akan dilakukan selama enam bulan ini.

Yembise mengatakan program ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian PPPA dalam memperhatikan keberada­an perempuan di Indonesia, khususnya para TKW.

Program kerja sama yang dilakukan oleh Kementerian PPPA dengan Taher Foundation dan Pemprov Maluku merupakan tindak lanjut dari kebijakan moratorium pengiriman TKW yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo, sehingga tidak adalagi TKW yang dikirimkan sebagai pembantu rumah tangga.

“Saya ingin agar para peserta seleksi benar-benar bisa me­nguasai bahasa Inggris, karena yang menjadi negara-negara tu­juan seperti Singapura, Malaysia, Korea Selatan yang juga men­syaratkan hal itu. Mulai saat ini, saya sudah betul-betul perhatikan perempuan, perlu kita tunjukan bahwa perempuan itu hebat. Apalagi PBB telah mencanangkan pada tahun 2030 dunia mencapai kesetaraan gender yang dikenal dengan istilah Planet 50:50. Indonesia termasuk 10 besar negara didunia yang akan mencapai Planet 50:50,” katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua mengata­kan, pemprov memberikan apre­siasi kepada Kementerian PPPA yang menempatkan Maluku dalam enam provinsi penyelenggara seleksi TKW Program Wanita Indonesia Hebat. “Tidak semua provinsi bisa mendapat kesempatan ini. Ini merupakan upaya dari pe­merintah pusat untuk memper­hatikan Maluku. Semoga di awal ini ada kuota 500 TKW dan ditahun berikutnya ada lebih dari ini,” katanya.

Seleksi yang diikuti 400 orang calon TKW tersebut diawasi oleh tim seleksi dari Universitas Cenderawasih. (Mg-1)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/maluku_dijatahi_500_tkw_profesional#sthash.Y8PMmCwv.dpuf

Related-Area: