BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Gubernur Apresiasi PLN Fasilitasi Listrik Gratis di MTB

Wednesday, 19 August 2015
Gubernur Apresiasi PLN Fasilitasi Listrik Gratis di MTB

Ambon - Gubernur Maluku Said Assagaff memberikan apresiasi bagi PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara yang telah memprogramkan listrik gratis bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB).

“Luar biasa PLN mau membantu masyarakat yang ada di MTB untuk mendapatkan listrik secara gratis. Hal itu berarti, masyarakat yang ada di Maluku terutama yang ada di daerah-daerah tertinggal mulai mendapat perhatian,” jelas Gubernur Maluku kepada Siwalima, saat sela-sela Baris Indah di Lapangan Merdeka, Selasa (18/8).

Gubernur berharap agar, program PLN ini dapat memberikan sentuhan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di daerah-daerah tertinggal dan selama ini tidak mendapat pelayanan listrik.

“Mereka pantas dapatkan pelayanan seperti itu. Masih banyak masyarakat Maluku yang belum mendapat listrik, terutama yang berada di desa-desa tertinggal. Saya harap, agar PLN pada tahun depan masih punya program ini, karena program ini sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun desa-desa tertinggal,” ujar Gubernur.

Untuk diketahui, sedikitnya lima desa di Kabupaten MTB atau 1200 pelanggan mendapatkan bantuan listrik gratis dari PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Pemberian bantuan listrik gratis tersebut bertepatan dengan perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-70.

“Untuk Saumlaki sudah ada beberapa desa yang listriknya sudah nyala  kurang lebih ada lima desa yang menyala, sekitar 1200 pelanggan yang sampai dengan saat ini belum menikmati listrik,” jelas General Menager PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Muhammad Iksan Asaad kepada wartawan di Kantor PLN, Senin (17/8).

Kendati tidak menyebutkan lima desa mana-mana saja, tetapi menurutnya, pemberian bantuan tersebut merupakan kado dari PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara bertepatan dengan HUT RI yang ke-70 tahun.

Ia menjelaskan, pemberian kado tersebut merupakan salah satu program dari PLN dengan target untuk wilayah Maluku dan Maluku Utara sebanyak 5.300 pelanggan yang akan mendapatkan listrik gratis.

Ia mengakui, walaupun Indonesia sudah merdeka dan sudah berusia 70 tahun, tetapi sebagian masyarakatnya masih belum menikmati listrik. Karena itu,  pihaknya menargetkan akan memberikan pelayanan listrik gratis bagi 5.300 pelanggan di Maluku dan Maluku Utara.

Dikatakan, pemberian listrik gratis kepada masyarakat merupakan salah satu program dari PT. PLN pusat kepada 47 pulau diantaranya Maluku memiliki 9 pulau.

Untuk Maluku, tambahnya, merupakan tahap awal 5.300 pelanggan dimana seluruh biayanya ditanggung langsung oleh PLN.

 ”Untuk Maluku kita nyalakan pada tahap awal 5.300 pelanggan, itu semua mereka tidak bayar instalasi, biaya penyambungan juga semuanya gratis, dan kita juga kasih pulsa 20 ribu sehingga tidak ada pembayaran semua ditanggung oleh PLN,”tuturnya sembari mengungkapkan, untuk anggaran yang telah disiapkan PLN yakni Rp. 230 Miliar, yang akan digunakan sebagai pembiayaan pembangunan pembangkit listrik yang baru dan jaringan yang baru. (S-43)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/gubernur_apresiasi_pln_fasilitasi_listrik_gratis_di_mtb#sthash.hmzswFnD.dpuf

Related-Area: