BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dishub akan Bangun Zona Selamat Sekolah

Thursday, 25 June 2015
Dishub akan Bangun Zona Selamat Sekolah

Ambon - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon dalam waktu dekat akan membangun zona selamat sekolah bagi penyebarangan para siswa di kawasan sekolah yang ada di Kota Ambon.

Selain itu, zona ini juga akan dilengkapi dengan traffic light dan rambu lalu lintas lainnya. Pembangunan zona ini dengan tujuan untuk membatasi kecepatan kendaraan bermotor guna menghindari terjadinya kecelakaan bagi para siswa, khususnya siswa SD lantaran banyak anak-anak yang berjalan kaki menuju sekolah.

“Sebagai pilot project, kita rencananya akan membangun zona ini di kawasan Jalan Pattimura dan Jalan Kakiali,” kata Kadishub Ambon, Piet Saimima, kepada Siwalima di ruang kerjanya, Rabu (24/6).

Menurutnya, zona ini harus dibangun menginggat hampir di semua sekolah di Kota Ambon, berada di depan jalan utama dan itu sangat membahayakan keselamatan para siswa .

Selama ini, kata Saimima, memang belum ada satu kawasan yang menggunakan sistem zona ini, padahal keberadaan anak sekolah khususnya siswa SD sangat rentan terhadap kecelakaan, sehingga akan diberikan tanda bagi pengendara kendaraan untuk lebih berhati-hati.

“Nantinya warna jalan di depan sekolah dibuat merah seperti halnya zebra cross kemudian di pasang rambu batas kecepatan, rambu larangan parkir, rambu dilarang menyalib bagi kendaraan bermotor apabila ada siswa yang hendak menyeberang,” urainya.

Dijelaskan, untuk traffic light  yang akan dipasang sebagai pelengkap zona ini, hanya memiliki dua warna yakni merah dan hijau. Lampu ini akan dinyalakan mulai pukul 06.00 WIT-18.00 WIT atau selama jam belajar para siswa sekolah, kemudian lampu tersebut akan dipadamkan.

Ditambahkan, selain rambu lalulintas, petugas juga akan ditempat­kan, apabila pembangunan zona ini sudah mulai difungsikan, sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.(S-39)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/dishub_akan_bangun_zona_selamat_sekolah#sthash.J1meaapM.dpuf

Related-Area: