BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dinkes Lakukan Pencegahan Penyakit Malaria

Monday, 03 August 2015
Dinkes Lakukan Pencegahan Penyakit Malaria

Ambon - Peningkatan penyakit Malaria maupun Diare yang biasanya terjadi pada musim penghujan maupun setelah itu, membuat Dinas Kesehatan Maluku terus melakukan langkah-langkah pencegahan, agar dapat menekan angka penyakit tersebut, terutama ditingkat kabupaten/kota.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku, M. Pontoh mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencega­han terhadap penyebaran penyakit malaria dan diare. Hal ini dilakukan karena dimusim penghujan ini, biasanya terjadi peningkatan dua jenis penyakit tersebut.

“Dua jenis penyakit ini biasanya terjadi di desa-desa yang ada di kabu­paten/kota dan sering terjadi pada anak-anak, dan kita sudah lakukan langkah-langkah sebagai awal dari pencegahannya,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Maluku, M. Pontoh kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (31/8).

Dikatakan, pihak Dinkes Maluku telah mengirimkan obat-obatan dan berbagai kebutuhan lainnya, salah satu­nya ke­lambu berinsektisida (kelambu anti nya­muk malaria) dan telah diberikan pada seluruh Dinkes yang ada di 11 kabupa­ten/kota. Kelambu-kelambu ini kemu­dian akan diteruskan ke setiap Puskes­mas untuk diberikan kepada masyarakat di setiap desa. “Ada kelambu anti nya­muk malaria, selain itu stok obat dipas­tikan cukup dan juga sudah diberikan ke setiap kabupaten/kota,” katanya.

Dijelaskan, untuk langkah-langkah pencegahan lainnya, sudah ada protap­nya di seluruh kabupaten/kota, untuk ba­gaimana mengantisipasi penyakit yang akan terjadi. Sementara me­nyang­kut dengan stok obat di setiap kabupaten/kota sangat terpenuhi dan sejauh ini tidak ada masalah, karena semuanya telah tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Stok obat bukan hanya untuk malaria dan diare, namun juga untuk penyakit lainnya tidak ada masalah, semuanya tercukupi dan belum ada keluhan yang disampaikan setiap kabupaten/kota kepada pihaknya,” ujarnya.

Ditegaskan, jika terjadi kekurangan stok obat maupun kelambu, pihaknya sudah pasti akan membantu. Semen­tara itu untuk masalah pening­katan kasus pe­nyakit yang kemungkinan terjadi, hal tersebut diluar tanggung jawab dari Dinkes, karena terjadinya peningkatan , dikarenakan lambatnya koordinasi Din­kes se-kabupaten/kota dengan puskes­mas selaku penangggung jawab. (S-43)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/dinkes_lakukan_pencegahan_penyakit_malaria#sthash.llpANXbM.dpuf

Related-Area: