BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Bapedalda Maluku Gelar 'Kampanye Bersih Sungai'

Thursday, 11 June 2015
Peringati Hari Lingkungan se-Dunia
Bapedalda Maluku Gelar 'Kampanye Bersih Sungai'

Ambon - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2015, maka Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bape­dalda) Maluku menyelenggarakan ‘Kampanye Bersih Sungai’ yang berlangsung di Gedung Islamic Centre, Rabu (10/6). Dalam kegiatan tersebut berbagai rangkaian lomba dilakukan seperti, lomba kreativitas daur ulang sampah, lomba foto dengan tema lingkungan, lomba bersih pantai dan kampanye bersih Teluk Ambon.

Ketua Panitia Junan Tan dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menggerakan setiap komponen masyarakat agar sadar dan berperan dalam melin­dungi serta melestarikan lingku­ngan, serta meng­ajak semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan keseimbangan lingkungan di bumi sekaligus  mengajak masyarakat mengolah sampah sesuai prinsip 3R.

“Kegiatan lomba bersih pantai diikuti 33 desa/kelurahan di sekitar pesisir teluk, lomba daur ulang sampah (3R) diikuti 81 peserta yang berasal dari siswa SD-SMA, Mahasiswa dan umum yang mana mereka dibagi dalam 27 grup. Sementara untuk lomba foto dengan tema lingkungan,diikuti oleh 17 orang,” rincinya.

Sedangkan kegiatan kampanye akan dilakukan pemasangan stiker pada rumah-rumah di sepanjang 5 sungai yang ada di Kota Ambon dan rumah-rumah sepanjang Teluk Ambon. Terakhir digelar upacara bendera di Kantor Gubernur Maluku pada Jumat (12/6).

Sementara itu, Kepala Bapedalda Maluku, Fera Tomassoa, kepada Wartawan mengatakan, Bapedalda ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. “Lingkungan ini harus dijaga, karena lingkungan ini adalah warisan kita untuk anak cucu kita juga, jadi berbagai kegiatan yang ada, selain untuk melestarikan lingkungan kita juga mengajak masyarakat secara umum untuk turut terlibat menjaga dan memelihara lingkungannya,” ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Setda Maluku, MZ Sangadji menga­takan, gerakan ini merupakan awal yang baik dalam mengembalikan kem­bali fungsi kawasan Teluk Ambon dan wisata bahari di Maluku. (Mg-1)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/bapedalda_maluku_gelar_kampanye_bersih_sungai#sthash.A4lDkVyK.dpuf

Related-Area: