BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

AgFor Sulawesi Berpartisipasi dalam Pekan Daerah dan Pameran Tani Konawe

Penulis: Hendra Gunawan dan Shinta Purnama Sarie

 

AgFor Sulawesi berpartisipasi dalam Pekan Daerah dan Pameran Tani Kabupaten Konawe yang diselenggarakan di kantor Badan Penyuluhan, Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Konawe, Unaaha pada tanggal 16-17 Desember 2013. Kegiatan yang merupakan wujud apresiasi kepala daerah terhadap peran petani dalam mendukung kemajuan daerah diisi dengan pameran produk dan hasil tani lokal dari 19 kecamatan di Konawe, diskusi langsung dengan bupati, dan berbagai lomba.

Dalam acara ini, AgFor Sulawesi berkesempatan menyebarluaskan informasi kegiatannya di Sulawesi Tenggara melalui pembagian brosur, lembar informasi, dan sesi presentasi. Kelompok tani binaan AgFor asal desa Lawonua berperan aktif menjelaskan kegiatan kelompok kepada petani dan pengunjung lainnya. Tidak hanya itu saja, kelompok pun terlibat dalam diskusi pengembangan sektor pertanian untuk merancang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Konawe.

Selama 2 tahun terakhir AgFor Sulawesi telah memfasilitasi dan mendampingi petani di berbagai desa di Kabupaten Konawe dalam perbaikan teknik pengelolaan tanaman komoditas penting seperti kakao (cokelat), kopi, lada, durian, dan cengkeh. Bupati Kabupaten Konawe, Kerry Saiful Konggoasa menyatakan dukungannya terhadap kegiatan AgFor Sulawesi dan menekankan perlunya untuk menindaklanjuti kerjasama yang telah dilakukan.

“Tujuan berpatisipasi dalam kegiatan pameran tersebut adalah untuk memperlihatkan hasil kerja AgFor selama dua tahun terakhir di Kabupaten Konawe, seperti dihasilkannya bibit dari okulasi dan meningkatnya keahlian petani dalam perbanyakan vegetatif, pembuatan pupuk organik. Di samping itu, tujuan lainnya adalah untuk memperluas penyebaran informasi tentang AgFor dan pengetahuan pertanian melalui brosur, lembar informasi, dan presentasi. Diharapkan, AgFor dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan pertanian di Kabupaten Konawe, sekaligus membina hubungan baik dengan pemerintah lokal,” ungkap Mahrizal, koordinator AgFor Sulawesi untuk Sulawesi Tenggara.