BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kelas Online Banking Editors Masterclass 2020: Peran Perbankan Dalam Adaptasi UMKM Di Masa Pandemi

Sekolah Jurnalisme AJI bekerja sama dengan Commonwealth Bank untuk kedua kalinya akan menyelenggarakan program beasiswa bagi kalangan editor untuk mendalami isu dan liputan dengan tema “Peran Perbankan dalam adaptasi UMKM di Masa Pandemi”.  

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas editor menghasilkan karya jurnalistik (news analysis/ indepth reporting) isu ekonomi perbankan dengan fokus eksplorasi isu upaya UMKM beradaptasi dengan teknologi di masa pandemi.

Program ini sekaligus bertujuan mempromosikan etika peliputan ekonomi perbankan. Serta membantu media-editor lebih kreatif dan kritis dalam mengembangkan ide berita, untuk menghasilkan berita atau artikel tentang ekonomi perbankan yang mendidik bagi masyarakat.

Ini merupakan program beasiswa yang diberikan kepada 24 jurnalis dari berbagai platform media, berupa biaya pengembangan kapasitas dan biaya operasional menghasilkan karya jurnalistik yang akan menjadi bagian dari tugas akhir. Banking Editors MasterClass ini  akan berlangsung secara online dimulai pada bulan November 2020, sebanyak 12 kali pertemuan online (Seminggu dua kali pertemuan).

Siapa yang dapat melamar beasiswa?

Jurnalis, editor atau produser yang mempunyai pengalaman kerja minimal 5 (lima) tahun.
Jurnalis mendapat dukungan dari satu Media Massa untuk mengikuti program ini melalui rekomendasi dari atasannya. 
Apa yang dibiayai oleh beasiswa?

Biaya pengembangan kapasitas selama tiga bulan, serta dana menghasilkan karya jurnalistik (news analysis atau Indepth reporting) yang meliputi biaya operasional seperti biaya transportasi, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya adalah Rp 3.500.000,- (tiga juta lima ratus ribu rupiah).

Bagaimana cara mengajukan beasiswa?

Untuk dapat mengajukan beasiswa, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran, CV, surat rekomendasi dari atasan untuk mengikuti kegiatan ini, serta proposal liputan dengan tema “Peran Perbankan dalam adaptasi UMKM di Masa Pandemi”.

Untuk melamar sebagai peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran yang ada dalam link Google Form ini : http://bit.ly/FormPendaftaran_BEM2020    

Selambat-lambatnya tanggal 5 November 2020

Apa kriteria usulan liputan terbaik?

1.   Topik menyangkut “Peran Perbankan dalam adaptasi UMKM di Masa Pandemi”

2.   Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3.   Usulan tema karya liputan menantang namun tetap realistis

4.   Menggunakan narasumber yang kredibel

5.   Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat

6.    Biaya tidak melebihi pagu yang ditentukan, kecuali peserta bisa menutup kekurangannya.

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan karya jurnalistik (news analysis/ indepth reporting) paling baik. Hanya 24 usulan liputan terbaik yang akan mendapat beasiswa. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa melalui email.

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti kelas secara online  yang terdiri dari 12 kali pertemuan online

dan setiap pertemuan berdurasi sekitar 2 jam (seminggu dua kali pertemuan).

Manfaat bagi peserta

Peserta akan mendapatkan materi mengenai perbankan dan mengenai materi jurnalisme.
Selama kelas  berlangsung, peserta akan didampingi oleh mentor, baik dalam proses belajar maupun konsultasi di luar kelas.
Dukungan biaya operasional liputan sebesar Rp 3.500.000,- digunakan untuk pembuatan tugas akhir.
Penghargaan untuk The Best Three Banking Editors MasterClass 2020 bagi tiga peserta dengan kualifikasi terbaik.
Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: sekolahjurnalismeaji@gmail.com atau melalui nomor handphone/WhatsApp: 0878-8627-1537 (Edy Can), 0857-8219-4068 (Arie). 

 

Sumber: https://aji.or.id/read/press-release/1129/kelas-online-banking-editors-masterclass-2020-peran-perbankan-dalam-adaptasi-umkm-di-masa-pandemi.html