BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Nelayan Kecil Dilibatkan dalam Konservasi Laut

 Nelayan Kecil Dilibatkan dalam Konservasi Laut
Rabu, 17 Februari 2016 | 15:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kawasan konservasi laut Indonesia saat ini mencapai 17,3 juta hektare. Pemerintah menargetkan penambahan luas kawasan perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan laut itu hingga mencapai 20 juta hektare pada 2020.
Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto, menyatakan kawasan konservasi itu akan dikelola dalam system zonasi sehingga dapat memberi nilai tambah bagi nelayan kecil. “Mereka harus dilibatkan dalam konservasi. Sebab pada dasarnya, jika mereka tak ikut memiliki laut, mereka tak akan mau ikut menjaganya,” kata Slamet di Hotel Aryaduta, Rabu 17 Februari 2016.
Saat ini, terdapat 2,7 juta nelayan di Indonesia. Sebanyak 95,6 persen di antaranya merupakan nelayan kecil yang beroperasi di sekitar pesisir dan harus bersaing dengan nelayan besar dengan perangkat yang lebih canggih.
Di pihak lain, keberlanjutan konservasi tak akan berarti tanpa keterlibatan masyarakat. “Untuk itu, wajar jika pada mereka diberi hak khusus untuk ikut mengelola dan memanfaatkan kawasan konservasi,” kata Slamet.
Untuk melibatkan nelayan kecil dalam konservasi laut ini, pemerintah bersama lembaga swadaya masyarakat yang bermarkas di Amerika Serikat, Rare dalam “Kampanye Pride”.
Program kampanye ini bertujuan untuk membuat masyarakat turut merasa bangga (pride) ikut melestarikan lingkungan. “Rare melalui mitra kami mempromosikan perubahan perilaku untuk memperoleh komitmen terkait pengelolaan kawasan konservasi secara berkelanjutan,” kata Vice President Rare Indonesia Taufiq Alimi.

Selama 30 tahun, Rare telah bekerja di 90 situs konservasi di 30 negara. Di Indonesia, melalui Kampanye Pride, mereka akan menggandeng 15 lembaga swadaya masyarakat lain untuk turut melestarikan lingkungan di 15 kawasan konservasi, yakni:

1. Perairan Teluk Kolono, Konawe Selatan
2. Daerah Pelindungan LAut Liya Togo
3. Taman Nasional Wakatobi
4. Taman Nasional Bunaken
5. Taman Nasional Taka Bonerate
6. Perairan Teluk Bumbang
7. Taman Wisata Perairan Gili Matra
8. Taman Wisata Perairan LAut Banda
9. Kawasan Konservasi Perairan Timur Pulau Weh
10. Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas
11. Taman Nassional Kepulauan Seribu
12. Kawasan Konservasi Perairan Daerah KAimana
13. Perairan di bawah pengelolaan KAbupaten Demak
14. Taman Nasional Karimunjawa
15. KAwasan Konservasi Perairan Daerah Teluk Mayalibit

PINGIT ARIA

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/news/2016/02/17/090745785/nelayan-kecil-dilibatkan-dalam-konservasi-laut

Related-Area: