BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan

1. Tentang Pelatihan

Kemiskinan merupakan isu strategis yang perlu mendapat perhatian bersama dalam perumusan kebijakan. Sehubungan dengan itu, The SMERU Research Institute bekerja sama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) mengembangkan Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan bagi analis kebijakan, baik di sektor pemerintahan maupun nonpemerintahan.

Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan menawarkan pemahaman dasar terkait konteks, konsep, dan teknik dasar analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan berbasis bukti. Dari segi alur, modul ini disusun mengikuti siklus perumusan kebijakan, yang mencakup pemetaan isu kemiskinan dalam agenda kebijakan, pengukuran kemiskinan, perumusan, hingga monitoring dan evaluasi kebijakan penanggulangan kemiskinan. Dengan demikian, modul ini dapat menjadi panduan bagi para analis kebijakan untuk merumuskan dan menganalisis kebijakan-kebijakan yang sensitif terhadap kemiskinan di lembaga tempat mereka bekerja.

Sebagai tindak lanjut dari penyusunan modul tersebut, The SMERU Research Institute bekerja sama dengan LAN, KSI, dan Asosisasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI) akan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan. Kegiatan ini mengundang peserta dari kalangan ASN dan non-ASN sebagai bagian dari upaya The SMERU Research Institute dalam mendorong peningkatan kualitas kebijakan pembangunan berbasis bukti.

2. Tujuan Kegiatan

Mendapatkan masukan (feedback) agar Modul Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan semakin sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders);
Meningkatkan kompetensi dan kapasitas peserta untuk melakukan kajian dan analisis kebijakan publik, khususnya penanggulangan kemiskinan;
Menciptakan ruang pertukaran pengetahuan (knowledge sharing) antara peserta kegiatan pelatihan baik berasal dari ASN dan non-ASN, The SMERU Research Institute, LAN, KSI, dan AAKI mengenai praktik cerdas dalam analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan.

3. Narasumber

Materi pelatihan akan diisi oleh narasumber dari The SMERU Research Institute serta narasumber tamu dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dan Knowledge Sector Initiative (KSI).

Sudarno Sumarto (SMERU)
Asep Suryahadi (SMERU)
Widjajanti Isdijoso (SMERU)
Athia Yumna (SMERU)
Daniel Suryadarma (SMERU)
Erna Irawati (LAN)
Randy Wrihatnolo (Bappenas)
Eva Kasim (AAKI)
 
4. Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan pelatihan terdiri dari tiga kelompok, meliputi:

Pelatihan di dalam kelas (in-class) selama 3 (tiga) hari berturut-turut pada 3-5 Desember 2019 di Hotel Morrissey, Jakarta (susunan acara dapat melihat Lampiran 1).
Memenuhi penugasan pasca-pelatihan berupa penyusunan kertas kebijakan (policy paper) selama 20 (dua puluh) hari kerja di luar kelas (out-class) pada 6 s.d. 19 Des 2019 dan 6 s.d. 17 Jan 2020.
Melakukan bimbingan dalam jaringan (online coaching) dengan pelatih dari The SMERU Research Institute sebanyak minimal 2 (dua) kali pada rentang waktu penugasan pasca pelatihan.

5. Peserta

Peserta terdiri dari maksimal 24 orang yang berasal dari ASN (diutamakan Analis Kebijakan) dan dari non-ASN (LSM/NGO/CSO, pihak swasta, dan perguruan tinggi) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Berdomisili/ wilayah kerja di DKI Jakarta dan sekitarnya
  2. Sehat jasmani dan rohani;
  3. Ditugaskan oleh pimpinan tempat kerja dibuktikan dengan lampiran Surat Tugas (unduh template);
  4. Melampirkan Daftar Riwayat Hidup/CV dengan menyebutkan:
    1. Berpengalaman menyusun atau terlibat dalam kegiatan pengelolaan kebijakan publik (diutamakan pernah menyusun kertas kebijakan);
    2. Menguasai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, minimal menguasai aplikasi Microsoft Office (Word dan PowerPoint) dan penggunaan internet untuk mendukung pekerjaan;
    3. Tiga nama dan kontak pemberi referensi yang dapat dihubungi.
  5. Menulis satu halaman Surat Pernyataan Motivasi untuk mengikuti kegiatan pelatihan;
  6. Melengkapi Surat Pernyataan (unduh template) yang menyatakan komitmen/kesanggupan untuk menanggung biaya akomodasi dan transportasi, serta mengikuti pelaksanaan kegiatan secara penuh, yang terdiri dari:
  7. Pelatihan di dalam kelas selama 3 hari berturut-turut;
  8. Penulisan kertas kebijakan selama 20 hari di luar kelas;
  9. Pembimbingan dalam jaringan (online) penulisan kertas kebijakan selama 2 hari.

6. Biaya dan Fasilitas

The SMERU Research Insitute akan menanggung seluruh biaya terkait pelaksanaan pelatihan. Namun, biaya terkait akomodasi (misalnya, bila diperlukan menginap dan makan malam) & transportasi ditanggung peserta (individu/ instansi).

Peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan diberikan sertifikat telah mengikuti Pelatihan Analisis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan yang ditandatangani oleh Kepala Pusat Analis dan Kebijakan (Pusaka) LAN sebagai instansi Pembina Analis Kebijakan dan Direktur The SMERU Research Institute sebagai penyelenggara kegiatan.

Unduh kurikulum pelatihan
 

Pendaftaran melalui website:
registration.smeru.or.id

Pendaftaran dibuka 11-20 November 2019

 

Narahubung:
Rendy Adriyan Diningrat
email: rdiningrat@smeru.or.id

 

Sumber: http://smeru.or.id/id/training-kemiskinan