BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Open Recruitment : “Workshop on Human Rights Reporting”

Open Recruitment: “Workshop on Human Rights Reporting”

AliansiJurnalisIndependen (AJI) – Internews – Kedutaan Belanda

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Internews dan Kedutaan Belanda mengundang jurnalis Indonesia, untuk mengikuti program “Workshop on Human Rights Reporting”. Sebanyak 25 orang jurnalis terpilih akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman jurnalis mengenai bagaimana meliput isu Hak Asasi Manusia dan memperhatikan hak kelompok minoritas.

Program apakah ini?

Kegiatan ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami prinsip-prinsip hak asasi manusia, meningkatkan pengetahuan untuk melakukan pelaporan HAM, dan saling berbagi pengalaman meliput permasalahan HAM.

Peserta akan dilatih bagaimana meliput tema ini sesuai standar profesionalisme dan Kode Etik Jurnalistik.  Serta, bagaimana membuat liputan HAM berbasis data yang menarik dan mudah dipahami publik.

Di mana dan Kapan Kegiatan Diadakan?

Pelatihan akan diadakan di 2 kota dengan jadwal sebagai berikut:

a. Padang (28-30 Juni 2019)

b. Banda Aceh (5-7 Juli 2019)

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun. Program ini akan diberikan kepada 25 jurnalis terpilih di tiap kota yang memiliki komitmen membuat liputan isu HAM setelah pelatihan.

Bagaimana cara menjadi peserta kegiatan ini?

Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Form ini: http://bit.ly/workshopHAM_AJI

Selambat-lambatnya tanggal 15 Juni 2019. Setelah terpilih menjadi peserta, AJI akan meminta peserta terseleksi mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini dan membuat liputan dengan isu terkait.

Bagaimana proses setelah seleksi?

Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan selama 3 hari.

Program ini juga akan menanggung biaya belajar selama 3 hari termasuk material pendukung, makan selama workshop berlangsung, dan biaya penggantian transportasi lokal. Panitia tidak menyediakan tiket pesawat maupun transportasi antar kota.

AJI akan memilih 8 usulan yang menarik dari peserta training di dua kota untuk mendapatkan fellowship liputan isu HAM, dengan pagu liputan sebesar Rp. 2.500.000,-.

Perlu informasi lebih lanjut?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakanmengirimemail ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: Workshop HAM.

Atau dapat menghubungi Sdri. Febrina Galuh 0818-0421-7279, Putri Tirtasari: 0823-2323-8462