BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Open Recruitment “Workshop on Child Rights and Equality Reporting” Aliansi Jurnalis Independen (AJI)-UNICEF

AJI dan UNICEF Indonesia mengundang jurnalis Indonesia untuk mengikuti kegiatan “Workshop on Child Rights and Equality Reporting." Kegiatan ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami prinsip-prinsip hak anak. Serta meningkatkan pengetahuan untuk melakukan pelaporan isu anak, dan saling berbagi pengalaman meliput permasalahan hak anak.

Sebanyak 20 orang jurnalis terpilih akan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan pemahaman jurnalis mengenai bagaimana meliput isu-isu tentang hak-hak anak. Tahun ini isu yang menjadi fokus utama adalah imunisasi.

Peserta akan dilatih bagaimana meliput tema ini sesuai standar profesionalisme dan Kode Etik Jurnalistik mengenai peliputan tentang anak-anak. Serta, bagaimana membuat liputan hak anak berbasis data yang menarik dan mudah dipahami publik.

Tentang Program

Program ini bertujuan meningkatkan pengetahuan jurnalis mengenai hak-hak anak untuk tumbuh sehat dan memiliki masa depan yang terbaik melalui program imunisasi. Di akhir pelatihan, peserta diharapkan dapat memahami:

Memahami hak-hak anak sesuai Konvensi Hak Anak PBB tahun 1989 dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
Memahami peran penting media dalam mengarusutamakan pemberitaan tentang hak-hak anak, khususnya tentang imunisasi, dan menjadi sumber informasi masyarakat mengenai manfaat imunisasi bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.
Memahami etika dalam pelaporan tentang anak-anak.
 

Waktu dan lokasi pelatihan

Pelatihan akan diadakan di dua kota dengan jadwal sebagai berikut:

a. Jakarta, 23-24 November 2019 (untuk wilayah Indonesia Barat)

b. Makassar, Sulawesi Selatan, 7-8 Desember 2019 (untuk wilayah Indonesia Timur)


Persyaratan menjadi peserta

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun. Program ini akan diberikan kepada 20 jurnalis terpilih di tiap kota pelaksanaan yang memiliki komitmen membuat liputan isu hak anak untuk sehat.

Prosedur aplikasi

Untuk dapat menjadi peserta, Anda dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam form ini: bit.ly/WorkshopHakAnakWilayahBarat untuk Workshop di Jakarta atau bit.ly/WorkshopHakAnakWilayahTimur untuk Woskhop di Makassar.

Selambat-lambatnya tanggal 16 November 2019. Setelah terpilih menjadi peserta, AJI akan meminta peserta terseleksi mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini dan membuat liputan dengan isu terkait.

Konfirmasi penerimaan

Panitia akan mengirimkan pemberitahuan resmi mengenai terpilih atau tidaknya jurnalis yang sudah mendaftar dalam program ini. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan selama 2 hari.

Panitia menyediakan transportasi untuk peserta luar kota dan dalam kota, penginapan, biaya makan dan transportasi lokal.


Narahubung informasi

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya,

silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com dengan subjek: Workshop Imunisasi Anak.

Atau dapat menghubungi Sdri. Endah Lismartini: 0811-147-991, Putri Tirtasari: 0823-2323-8462