BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Menhub Jonan akan Hadiri Festival Forum KTI VII

 Jumat, 13 Nov 2015 - 18:39 wita
Menhub Jonan akan Hadiri Festival Forum KTI VII
Editor: yani - celebesonline.com

CELEBESONLINE (Makassar): Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) Inspirasi daro Timur untuk Indonesia kembali digelar. Ada 6 Praktik Cerdas dari Kawasan Timur Indonesia akan tampil dalam Festival Forum KTI VII yang dihelat di Hotel Aston Makassar Hotel & Convention Center, 17-18 November 2015.

Forum Kawasan Timur adalah sebuah jaringan para pelaku kunci pembangunan KTI yang setiap dua tahun mengadakan pertemuan untuk menampilkan berbagai praktik cerdas tingkat lokal dan memberi ruang untuk berbagai jenis interaksi antar pelaku pembangunan KTI. Pertemuan ini menjadi satu-satunya kesempatan bagi pelaku pembangunan dari berbagai sektor dan daerah berkumpul untuk saling belajar dan berdiskusi tentang isu dan solusi untuk pembangunan di kawasan timur Indonesia.

Forum KTI digelar oleh Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia). Ini adalah sebuah organisasi yang berfokus pada pertukaran pengetahuan tentang program pembangunan di kawasan timur Indonesia.

BaKTI bekerja melalui jaringan, media dan event pertukaran pengetahuan untuk mendukung kerja para stakeholder pembangunan agar lebih efektif. BaKTI juga menjadi sekretariat Forum Kawasan Timur Indonesia dan memfasilitasi aktivitas pertukaran pengetahuan seperti Pertemuan Forum Kawasan Timur Indonesia, Diskusi Regional, dan sub jaringan di bawah Forum Kawasan Timur Indonesia.

Festival Forum KTI VII kali ini diagendakan akan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ignasius Jonan. Festival Forum KTI adalah sebuah perayaan inovasi dan capaian pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.

Tujuan Festival Forum KTI adalah berbagi solusi pembangunan, khususnya Praktik Cerdas dan pembelajaran dari berbagai kegiatan dan program pembangunan yang dilaksanakan di berbagai daerah di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Praktik Cerdas adalah upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan dan berdampak nyata. Sebanyak enam tema praktik cerdas akan dipresentasikan dalam festival ini.

Ada Bank Waktu dari Honihama Flores Timur, Pertanian Alami di Salassae Bulukumba, Pelayanan Kesehatan di Menado dan Siau, Kapal Kalabia dari Raja Ampat, pengurangan risiko bencana di Sembalun Lombok Timur, dan Bank Ikan ala nelayan Tomia Wakatobi.

Festival Forum KTI diadakan setiap dua tahun dan telah diselenggarakan sejak tahun 2004 silam. Dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia peserta berbagi ide dan menyerap beragam praktik baru yang memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan  individu maupun kelompok untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berdampak nyata bagi pembangunan bangsa.

Festival ini mengajak setiap peserta untuk menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antar Pemerintah Daerah, Pemerintah Nasional, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mitra pembangunan internasional, sektor swasta, komunitas, akademisi, jurnalis, dan individu lainnya.

Kegiatan ini berfokus pada aset yang dimiliki diri dan kelompok untuk dikembangkan secara positif dalam mendorong berbagai upaya meningkatkan kesejahteraan sebagai bagian dari Indonesia yang berdaulat.

Rangkaian  kegiatan   dalam Festival   FKTI   VII   ini   mencakup  empat program utama, yaitu Panggung Inspirasi, Galeri Informasi, Pesta Rakyat, dan Side Events.(*)

Sumber: http://www.celebesonline.com/2015/11/13/menhub-jonan-akan-hadiri-festival-forum-kti-vii/