BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Ini Praktik Cerdas yang Akan Ditampilkan di Festival Forum KTI

Ini Praktik Cerdas yang Akan Ditampilkan di Festival Forum KTI
Makassar Hasanuddin

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) VII yang akan berlangsung pada 17-18 November mendatang akan menghadirkan Praktik Cerdas dari KTI.

Praktik Cerdas tersebut merupakan inovasi dan upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan yang berdampak nyata. Festival yang digelar oleh Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) ini melibatkan peserta yang berasal dari Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Konsultan Yayasan BaKTI Prof. Madjid Sallatu menyebutkan ada enam praktik cerdas yang akan dihadirkan pada festival akbar ini.

“Ada bank waktu dari Honima Flores Timur, Pertanian Alami di Salassae Bulukumba, Pelayanan Kesehatan di Menado dan Siau, Kapal Kalabia dari Raja Ampat, Pengurangan Resiko Bencana di Sambalun Lombok Timur, dan Bank Ikan ala nelayan Tomia Wakatobi,” jelas Prof. Madjid Sallatu pada acara konfrensi pers yang berlangsung di gedung BaKTI, Jum’at (13/11/2015).

Hal itu merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat di wilayah KTI bisa membuktikan bahwa mereka tak hanya bisa mencari inovasi, tetapi menciptakannya. Karena itu pula lah acara yang akan berlangsung di Hotel Aston and Convention Center ini diberi tema ‘Inspirasi dari Timur untuk Indonesia.

Yayasan BaKTI dalam hal ini lanjut Prof. Madjid Sallatu, berkreasi untuk mempertemukan kepala-kepala Bappeda dari wilayah timur Indonesia.

“Kami ingin menununjukkan bahwa kita bisa membuat sesuatu untuk daerah sendiri dan Indonesia salah satunya dengan mengangkat kearifan lokal yang ada,” terangnya yang juga merupakan Pakar Ekonomi Unhas ini.

Dari festival inilah bisa terlihat bagaimana masyarakat di KTI bisa menyelesaikan permasalahannya dengan ide dan caranya sendiri. “Intinya disni kita tidak lagi mencoba tetapi memberikan inspirasi,” pungkas Prof. Madjid Sallatu.

(andini ristyaningrum)

Sumber: http://sulsel.pojoksatu.id/read/2015/11/13/ini-praktik-cerdas-yang-akan-ditampilkan-di-festival-forum-kti/

Related-Area: