BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Festival Kawasan Timur Indonesia Tampilkan Praktik Cerdas

 Sabtu, 14 November 2015 | 08:53
Festival Kawasan Timur Indonesia Tampilkan Praktik Cerdas

Makasar -  Enam karya masyarakat hasil praktik cerdas dan inspirasi dari berbagai daerah di Kawasan Timur Indonesia akan ditampilkan dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (Festival Forum KTI) VII di Hotel Aston Makassar, 17-18 November mendatang.

Enam praktik cerdas tersebut "Bank Waktu dari Honihama Flores Timur, Pertanian Alami di Salassae Bulukumba, Pelayanan Kesehatan di Manado dan Siau, Kapal Kalabia dari Raja Ampat, pengurangan risiko bencana di Sembalun Lombok Timur, dan Bank Ikan ala nelayan Tomia Wakatobi".

Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia), Caroline Topamahu dalam keterangannya Sabtu (14/11) mengatakan, Praktik Cerdas adalah upaya yang berhasil menjawab tantangan pembangunan yang berdampak nyata. Hadir dalam penyampaian keterangan tersebut  Zusanna Gozal, Manager Parnertship Yayasan BaKTI, Victoria Kiko Ngantung Manager Komunikasi BaKTI dan Madjid Sallatu Ketua Pokja/Jaringan Peneliti KTI.

Dikatakan, festival yang digagas Yayasan BaKTI ini  akan berlangsung dua hari, diikuti 300 peserta dari berbagai elemen dan daerah di KTI dan Indonesia. Festival berlangsung setiap dua tahun sejak tahun 2004, tujuannya untuk berbagi solusi pembangunan, khususnya Praktik Cerdas dan pembelajaran dari berbagai kegiatan dan program pembangunan yang dilaksanakan di berbagai daerah di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua.

Ketua Kelompok Kerja dan Jaringan Peneliti BaKTI, Madjid Sallatu menambahkan, para peserta akan berbagi ide dan menyerap beragam praktik baru yang memungkinkan mereka meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi yang berdampak nyata bagi pembangunan bangsa.

Festival ini mengajak setiap peserta untuk menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antar Pemerintah Daerah, Pemerintah Nasional, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mitra pembangunan internasional, sektor swasta, komunitas, akademisi, jurnalis, dan individu lainnya dengan berfokus pada aset yang dimiliki diri dan kelompok untuk dikembangkan secara positif dalam mendorong berbagai upaya meningkatkan kesejahteraan sebagai bagian dari Indonesia yang berdaulat.

Victoria Kiko Ngantung Manager Komunikasi BaKTI mengatakan, sedikitnya 360 hasil inisiatif praktik cerdas yang telah dihimpun BaKTI dari kalangan masyarakat, beberapa di antaranya telah diadaptasi dalam pembangunan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Festival dirangkaikan pameran yang menampilkan kisah-kisah sukses hasil kerja berbagai badan pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM lokal, nasional, dan internasional, CSR sektor swasta, dan kelompok-kelompok masyarakat.

Dalam festival ini yayasan BaKTI menyediakan 20 tempat bagi program-program pembangunan untuk mempromosikan beragam kegiatan mereka sembari bertukar pengetahuan dan membuka peluang kerja sama antar pihak.

Pada hari terakhir dilakukan "Pesta Rakyat" menampilkan pementasan budaya daerah-daerah di kawasan timur Indonesia dan menyajikan berbagai kuliner lokal. tujuannya agar masyarakat Kota Makassar khususnya, dapat menjadi bagian dari proses interaksi regional yang terjadi di Forum KTI sehingga terbangun kebanggaan dan semangat untuk terus berkarya membangun daerah. Acara Pesta Rakyat ini didukung oleh Pemerintah Kota Makassar.

Suara Pembaruan

M Kiblat Said/RSAT

Sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/321947-festival-kawasan-timur-indonesia-tampilkan-praktik-cerdas.html

Related-Area: