BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Festival Kawasan Indonesia Timur Digelar di Makassar

Festival Kawasan Indonesia Timur Digelar di Makassar
Senin, 16 November 2015, 13:00 WIB

MAKASSAR--Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) akan menggelar Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (Festival Forum KTI) VII, inspirasi dari timur untuk Indonesia. Ajang itu akan digelar di Hotel Aston Makassar & Convention Centre, 17-18 November 2015.  Festival Forum KTI VII ini menurut rencana akan dihadiri Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI Carolina Tupamahu menjelaskan, tujuan festival ini untuk berbagi solusi pembangunan, khususnya praktik cerdas dan pembelajaran dari berbagai kegiatan dan program pembangunan yang dilaksanakan di berbagai daerah di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. "Festival ini digelar setiap dua tahun sekali dan diselenggarakan sejak 2004," ungkap Carolina dalam jumpa pers yang digelar di BaKTI, Jumat (13/11).

Ada empat program utama yang akan dilaksanakan, di antaranya, Panggung Inspirasi, galeri informasi, Pesta Rakyat, dan Side Event. Dalam panggung inspirasi akan dibuat sebuah konferensi dua hari yang diharapkan akan dihadiri oleh sekitar 300 peserta dari berbagai elemen dan daerah di kawasan timur dan Indonesia. Panggung Inspirasi akan menampilkan praktik-praktik cerdas dan inspirator dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia.

Dalam acara KTI pun akan disajikan pameran yang menampilkan kisah-kisah sukses hasil kerja berbagai badan pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM lokal, nasional, internasional, CSR sektor swasta, dan kelompok-kelompok masyarakat. Yayasan BaKTI menyediakan 20 tempat bagi program-program pembangunan untuk mempromosikan beragam kegiatan mereka sembari bertukar pengetahuan dan membuka peluang kerja sama antarpihak.

Pesta rakyat bakal diadakan pada malam hari pada hari terakhir Festival FKTI. Pesta Rakyat akan menampilkan pementasan budaya daerah-daerah di kawasan timur Indonesia dan menyajikan berbagai kuliner lokal. Tujuan dari Pesta Rakyat adalah agar masyarakat Kota Makassar, khususnya, dapat menjadi bagian dari proses interaksi regional yang terjadi di Forum KTI.

Adapun, side event akan dilaksanakan sepanjang sore dan malam hari seusai Panggung Inspirasi. Side Event yang akan ditampilkan pada tahun ini menyajikan beragam pilihan tema menarik, mulai dari "Inovasi Sosial dari Perempuan Desa", "Peran Pemuda dalam Pembangunan", "Film dan Narasi Pembangunan", "Masyarakat Berdaya Alam Lestari", hingga "Mengurangi Kemiskinan Melalui Peluang Bisnis". "Festival ini mengajak setiap peserta menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antarpemerintah daerah, pemerintah nasional, LSM, mitra pembangunan internasional, sektor swasta, komunitas, akademisi, jurnalis, dan masyarakat lainnya," papar Carolina. rep: Debbie Sutrisno ed: Andri Saubani

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/koran/kesra/15/11/16/nxw8oa17-festival-kawasan-indonesia-timur-digelar-di-makassar

Related-Area: