BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

500 Peserta dari 12 Provinsi Meriahkan Festival Forum KTI

 500 Peserta dari 12 Provinsi Meriahkan Festival Forum KTI
foto: Salviah Ika P/Okezone
Salviah Ika Padmasari

MAKASSAR - Sedikitnya 500 peserta termasuk perwakilan 12 provinsi memeriahkan Festival Forum Kawasan Timur Infonesia (KTI) ke VII di Hotel Aston, Makassar. Festival yang dikemas dengan konsep pertunjukan ini mengeksplore potensi-potensi dari daerah-daerah yang ada di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Di antara bentuk kegiatan yang disuguhkan di hajatan festival ini adalah eksplore kegiatan mandiri masyarakat dari enam daerah yang disebutnya praktik cerdas pada sesi panggung inspirasi.

Enam praktik cerdas ini masing-masing Bank Waktu yang dikelola Kelompok Tani di Honihama, Flores Timur, Mandiri dari Pertanian Alami di Dusun Salassae di Kabupaten Bulukumba, Pelayanan Kesehatan handal dari Sulawesi Utara, Kapal Kalabia berlayar mengantar ilmu pengetahuan di Raja Ampat, Papua Barat, Pengurangan resiko bencana di Sembalun di Lombok Timur dan Bank Ikan konservasi ala nelayan Tomiya di Wakatobi.

Selain praktik cerdas, ekplorasi potensi daerah ala Festival Forum Kawasan Timur Indonesia bertajuk Inspirasi dari Timur untuk Indonesia yang digelar Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (Bakti) ini juga digelar acara galeri informasi yang dikemas dalam bentuk pameran foto dan stand dan pesta rakyat yang diisi dengan pesta kuliner lokal yang dibuka di anjungan Pantai Losari.

Meriah dan gembira gambaran suasana di pembukaan festival bernuansa etnik masing-masing daerah yang diikuti 12 propinsi yakni enam propinsi di kawasan Sulawesi, dua propinsi dari Papua, dua propinsi dari Nusa Tenggara dan dua propinsi di Maluku.

Prof Winarni Monoarfa selaku ketua Pokja Forum KTI yang membuka festival ini mengatakan, banyak pejuang dari KTI dengan berbagai inovasi. Hingga saat ini, masuk ke Festival Forum KTI yang digelar satu kalli dalam dua tahun sudah ada 25 praktik cerdas yang dihasilkan.

"Inovasi-inovasi itu merupakan jawaban masyarakat setempat menjawab tantangan untuk keluar dari masalahnya sendiri," kata Winarni.

Winarni menambahkan, sudah ada tiga praktik cerdas yang saat ini sementara di pelajari oleh Bappenas untuk direplikasi ke daerah lain diantaranya kegiatan hydro mikro dari Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.
(ris)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2015/11/17/340/1251153/500-peserta-dari-12-provinsi-meriahkan-festival-forum-kti

Related-Area: