BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Sulawesi Selatan Bidik Tiga Besar di BIMP-EAGA

Jum at, 05 Desember 2014
Sulawesi Selatan Bidik Tiga Besar di BIMP-EAGA

MAKASSAR - Kontingen Sulawesi Selatan optimistis menembus posisi tiga besar pada kejuaraan internasional bertajuk Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) di Labuan, Malaysia, 6-10 Desember mendatang. Mereka bertekad mempertahankan prestasi di Filipina, dua tahun lalu.

"Kami yakin masuk tiga besar," kata Sekretaris Umum BIMP-EAGA, Nukhrawi Nawir, saat pelepasan kontingen Sulawesi Selatan di Gedung Mulo, Makassar, kemarin. Sulawesi Selatan mengutus 46 atlet dan 8 pelatih dari 7 cabang olahraga ke kejuaraan multi-event bersifat persahabatan tersebut.

Dalam kejuaraan ini, kontingen Sulawesi Selatan mewaspadai wakil Malaysia, seperti Sabah dan Serawak. "Sabah itu juara bertahan dan mereka dikenal sebagai penyumbang atlet buat timnas (timnas) Malaysia," ucap Nukhrawi. Di luar itu, duta Filipina tidak boleh dipandang enteng.

Soal target menembus tiga besar, Nukhrawi mengakui, dibutuhkan kerja keras. Pasalnya, cabang olahraga andalan Sulawesi Selatan, yakni renang, dipastikan tidak dipertandingkan.

Kendati begitu, Nukhrawi menegaskan, peluang meraih medali dari tujuh cabang olahraga yang diikuti cukup besar. "Laporan pelatih, performa atlet terus meningkat." Hanya, peluang berprestasi paling besar ada pada pencak silat, sepak takraw, dan futsal. Di luar itu, ada atletik dan bulu tangkis.

Dalam kejuaraan BIMP-EAGA, Nukhrawi mengaku pihaknya absen pada tiga cabang olahraga, yaitu lawn ball, basket, dan sepak bola.

Ketua Umum BIMP-EAGA Sulawesi Selatan, Moh. Roem, mengaku sangat optimistis kontingen provinsi ini mampu menembus posisi dua-tiga besar. "Itu sudah kita buktikan dalam beberapa kejuaraan sebelumnya. Semoga bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan," kata Ketua DPRD Sulawesi Selatan ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan, Syamsuddin Umar, menambahkan, para atlet harus bisa mempertahankan tradisi prestasi dalam kejuaraan BIMP-EAGA. TRI YARI KURNIAWAN


Sumber: http://koran.tempo.co/konten/2014/12/05/358742/Sulawesi-Selatan-Bidik-Tiga-Besar-di-BIMP-EAGA

Related-Area: