BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Realisasi Belanja Pemkab Mimika Baru 50 Persen

Realisasi Belanja Pemkab Mimika Baru 50 Persen
AntaraAntara – 31 menit yang lalu

Timika (Antara) - Realisasi belanja Pemerintah kabupaten Mimika, Papua, hingga pertengahan November baru mencapai sekitar 50 persen dari total dana yang dianggarkan sebesar Rp2,068,853 triliun dalam APBD-Perubahan 2014.

Kabag Keuangan Pemkab Mimika Marthen Malissa di Timika, Selasa, mengatakan realisasi belanja Pemkab Mimika tersebut terdiri atas belanja tidak langsung sudah mencapai 74 persen dari anggaran sebesar Rp801,975 miliar dan belanja langsung baru terealisasi 35 persen dari anggaran sebesar Rp1,266 triliun.

Komponen belanja langsung terbagi atas belanja pegawai baru terealisasi 34 persen, belanja barang dan jasa terealisasi 36 persen dan belanja modal baru terealisasi 28 persen.

"Yang jelas proses pencairan keuangan masih terus berlangsung. Khusus untuk belanja tidak langsung berkaitan dengan proyek-proyek fisik dan prasarana, pembayaran ke pihak ke tiga yang sudah kami lakukan sudah terealisasi sampai 35 persen atau sekitar Rp390 miliar," jelas Marthen.

Terkait dengan pembayaran dana proyek dan lainnya, Pemkab Mimika telah menerbitkan surat keputusan bupati tentang langkah-langkah menghadapi akhir tahun.

Dalam keputusan tersebut ditentukan bahwa penyampaian Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Mimika paling lambat hingga 18 November.

Penyampaian SPP-SPM ke pihak ke tiga paling lambat pada 20 Desember.

Keputusan Bupati Mimika itu juga menegaskan bahwa pekerjaan fisik sarana dan prasarana yang tidak tuntas sampai akhir tahun 2014 akan diputuskan kontraknya dan akan dianggarkan lagi pada tahun 2015.

"Kami mengharapkan agar semua SKPD mengawasi setiap pelaksanaan kegiatan proyek di lingkungan kerja mereka masing-masing. Kalau ada pekerjaan fisik yang tidak selesai sampai akhir tahun ini maka kontraknya diputus dan dianggarkan kembali pada tahun berikutnya sebab pembayaran yang kami lakukan disesuaikan dengan kemajuan fisik pekerjaan yang dibuktikan dengan berita acara," kata Marthen.(rr)

Sumber: https://id.berita.yahoo.com/realisasi-belanja-pemkab-mimika-baru-50-persen-082323526.html

Related-Area: