BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Admin Officer Dukungan Publikasi dan Komunikasi AIPD

Latar Belakang

 

Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD-Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi) adalah program pengembangan kapasitas untuk membantu memperbaiki penyampaian layanan di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Program ini beroperasi di lima provinsi; Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Jawa Timur. Proyek AIPD berfokus pada perencanaan dan penganggaran yang ditingkatkan dan pembentukan tautan-tautan yang lebih jelas untuk prioritas dan sasaran penyampaian layanan khususnya pelayanan garda depan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, program AIPD memiliki tiga komponen, yakni pemerintah yang responsive, masyarakat yang aktif, dan pengelolaan pengetahuan. Komponen pemerintahan yang responsive dan masyarakat yang aktif ini ditopang oleh komponen Pengelolaan Pengetahuan yang berperan untuk memastikan bahwa hasil-hasil pembelajaran dan praktik cerdas dapat disebarluaskan dan mendorong terjadinya peningkatan kapasitas yang berkelanjutan.

Yayasan BaKTI berfokus pada memperluas pengetahuan lokal pada tata kelola yang baik dan pengurangan kemiskinan, membangun jembatan dan jaringan antara champions reformasi lokal, dan menyediakan platform dimana para reformis dapat berbagi kesuksesan mereka dan advokasi untuk perubahan lebih lanjut.

Pendekatan Yayasan BaKTI untuk bertukar pengetahuan lokal dan replikasi inisiatif lokal itu sendiri merupakan model untuk replikasi potensial ke kawasan lain di negara ini. Singkatnya, sifat pekerjaan BaKTI adalah untuk mendukung dan memelihara pengembangan, pembuatan dan penyebaran produk pengetahuan, terutama mereka yag memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pelayanan, dan juga untuk mendukung dan memelihara jaringan dan mekanisme yang memungkinkan pelaku utama pembangunan di kawasan timur Indonesia untuk memperbaiki cara mereka memberikan pelayanan publik.

Berkenaan dengan penjabaran di atas, maka AIPD dan BaKTI bekerjasama melalui komponen Pengelolaan Pengetahuan yang akan mengimplementasikan beberapa produk kunci, salah satunya adalah Produk Kunci Produk kunci ini mengidentifikasi berbagai topik penelitan, terutama terkait pengelolaan keuangan daerah, dan penyampaian layanan publik, beserta mengidentifikasi dan menyeleksi informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari implementasi program AIPD, dan mengembangkannya menjadi produk komunikasi dan pengetahuan untuk selanjutnya didiseminasikan ke staf internal AIPD dan key stakeholders AIPD. 

Untuk pelaksanaan dukungan Produk Komunikasi dan Pengelolaan Pengetahuan AIPDP, Yayasan BaKTI akan merekrut Admin Officer dengan tugas berikut:

  1. Membuat dan mengajukan permintaan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan dan perjalanan untuk keperluan program.
  2. Membuat kelengkapan administrasi guna pelaporan keuangan.
  3. Membuat dan mengajukan laporan penggunaan anggaran kepada Bagian Keuangan dan tim Operation KM BaKTI
  4. Mengatur dan membantu event-event yang akan dilaksanakan khususnya keperluan logistik (transportasi, akomodasi tiket dll).
  5. Membuat SRF, PRF dan meminta Surat Penawaran kepada vendor-vendor yang dibutuhkan
  6. Membantu Manager Program AIPD KM berkaitan dengan surat-menyurat, mengorganisir kegiatan, mengorganisir transportasi, akomodasi, pemesanan penerbangan dalam rangka pelaksanaan program.
  7. Melakukan tugas lain yang diminta supervisor atau dan line manager.

 

Pelaporan

 Admin Officer melaporkan kemajuan program kepada BaKTI Focal Point dan Program Manager Dukungan Pengelolaan Pengetahuan Program AIPD, berkoordinasi dengan tim Komunikasi KM BaKTI dan supervisi keseluruhan dari Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI.

 

Kualifikasi 

  1. Minimum S1 Akuntansi atau Ekonomi atau jurusan lain yang berhubungan dengan event organizer
  2. Berpengalaman minimal 2 tahun dalam bidang Keuangan dan Administrasi
  3. Pengalaman dalam mengurus dan mengatur event dan hal lain yang berhubungan dengan event organizer
  4. Terampil bekerja dengan komputer dengan MS Office dan soft ware lain untuk kebutuhan keuangan dan administrasi.
  5. Komunikasi yang baik dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lisan dan tulisan.
  6. Self Initiatif, motivated dan mampu bekerja dengan deadline yang rapat.
  7. Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan pengawasan minimal.

 

Lokasi dan Durasi

Admin Officer akan berkantor di kantor KM BaKTI di Makassar. Durasi penugasan untuk posisi ini adalah Juni 2014-Maret 2015 dengan 20 hari kerja setiap bulannya 

 

Lamaran

Silahkan kirimkan lamaran ke info[at]bakti.or.id dengan judul subyek Admin Officer KM AIPD hanya Surat Lamaran dan CV saja dan tidak lebih dari 150KB. Lamaran ini dibuka sampai tanggal 14 Mei 2014.