BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

World Bank Siap Bantu Pendanaan Infrastruktur Makassar

Senin, 08 Desember 2014
World Bank Siap Bantu Pendanaan Infrastruktur Makassar

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto mengatakan pihaknya akan menimbang tawaran Bank Dunia untuk membantu pendanaan pembangunan sejumlah infrastruktur di kota ini. "Kami sangat membutuhkan pendanaan untuk pembangunan kota," kata Danny setelah bertemu dengan Wakil Presiden Bank Dunia Asia Timur & Pasifik, Axel Van Trotsenburg, di Makassar, kemarin.

Ia berharap penawaran Bank Dunia itu dalam bentuk kemitraan publik swasta atau public-private partnership. Metode pembiayaan ini yang banyak diterapkan dalam hal kerja sama dengan pihak asing. Skema pembiayaan ini dinilai lebih cepat mendorong terlaksananya pembangunan.

Bahkan pemerintah pusat dipaksa terlibat sebagai supervisor. Skema kemitraan publik swasta, menurut Danny, jauh lebih baik ketimbang skema government to government (G2G) yang proses persetujuannya memakan waktu lama.

Danny menambahkan, selama ini Bank Dunia telah banyak membantu pembangunan di kota ini, misalnya penelitian di Sungai Tallo. "Biasanya G2G proses dan hitungannya membutuhkan waktu yang panjang," ucapnya.

Axel menjelaskan, pihaknya ingin mewujudkan komitmen pemerintah Jokowi-JK dalam memajukan infrastruktur di kawasan Indonesia timur. "Jadi ini perkenalan kami di Makassar. Kami ingin melihat pemerintahannya dan melihat pembangunannya seperti apa," ujarnya. RASDIYANAH



Sumber: http://koran.tempo.co/konten/2014/12/08/359009/World-Bank-Siap-Bantu-Pendanaan-Infrastruktur-Makassar

Related-Area: