BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Warga Manado Berharap Trans Kawanua Beroperasi Atasi Kemacetan

Warga Manado Berharap Trans Kawanua Beroperasi Atasi Kemacetan
Kamis, 13 November 2014 09:10 WIB

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Kota Manado mulai menyerupai Jakarta dalam hal macet. Saat jam pulang kerja, di sejumlah titik terjadi kemacetan luar biasa.

Tak pelak, kondisi ini memicu stres bagi pengendara mobil. Mereka seharian bekerja sehingga badan dan pikiran lelah. Ketika di jalan menghadapi macet, mereka pun mengaku stres.

Jalan raya di Kota Manado ini seakan tidak lagi mampu menampung kendaraan roda dua maupun roda empat. Setiap sore, kemacetan terjadi di sejumlah titik. Bahkan terkadang macetnya sangat parah.

Pantauan Tribun Manado (Tribunnews.com Network), Selasa (11/11/2014) hampir di seluruh jalanan di Kota Manado macet. Mulai dari ruas Jalan Malalayang, Boulevard, Samratulangi hingga ke wilayah-wilayah seperti Tikala dan Paal 2 juga terpantau macet.

Kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan yang parkir di sisi kanan-kiri jalan sehingga membuat akses jalanan menjadi sempit.

Hizkia (26), salah satu warga Manado yang ditemui di Pusat Kota mengaku baru bisa bernafas lega setelah masuk kawasan Taman Kesatuan Bangsa setelah sebelumnya terjebak macet hampir satu jam di kawasan Boulevard.

"Terjadi macet karena banyak kendaraan diparkir sembarangan dan mikrolet seenaknya menaik dan menurunkan penumpang," kata Hizkia.

Melihat suasana Kota Manado yang semakin ramai pengguna kendaraan, Pamela yang kesehariannya naik angkot ke kantor berharap dioperasikannya Trans Kawanua.

Dia menyayangkan shelter bus dan bus Trans Kawanua yang tidak dikelola dengan baik.

"Sebaiknya Trans Kawanua beroperasi. Kemudian tingkat kesadaran masyarakat jika memiliki kendaraan lebih, sebaiknya menggunakan satu kendaraan atau naik Trans Kawanua saja," ungkapnya.

Tapi, kata dia, bagaimana masyarakat mau memanfaatkan Trans Kawanua kalau shelternya saja rusak parah dan menjadi tempat yang menyeramkan.

Gadis berparas ayu ini pun sering naik angkot meski di rumahnya memiliki mobil lebih dari satu. (fer/alp/tiw)

Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2014/11/13/warga-manado-berharap-trans-kawanua-beroperasi-atasi-kemacetan

Related-Area: