BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Vacancy: Visual Communication Officer

Latar Belakang

Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD-Kemitraan Australia Indonesia untuk Desentralisasi) adalah program pengembangan kapasitas untuk membantu memperbaiki penyampaian layanan di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur.

Program ini beroperasi di lima provinsi; Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Jawa Timur. Proyek AIPD berfokus pada perencanaan dan penganggaran yang ditingkatkan dan pembentukan tautan-tautan yang lebih jelas untuk prioritas dan sasaran penyampaian layanan khususnya pelayanan garda depan di bidang pendidikan dan kesehatan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, program AIPD memiliki tiga komponen, yakni pemerintah yang responsive, masyarakat yang aktif, dan pengelolaan pengetahuan. Komponen pemerintahan yang responsive dan masyarakat yang aktif ini ditopang oleh komponen Pengelolaan Pengetahuan yang berperan untuk memastikan bahwa hasil-hasil pembelajaran dan praktik cerdas dapat disebarluaskan dan mendorong terjadinya peningkatan kapasitas yang berkelanjutan. B

Yayasan BaKTI berfokus pada memperluas pengetahuan lokal pada tata kelola yang baik dan pengurangan kemiskinan, membangun jembatan dan jaringan antara champions reformasi lokal, dan menyediakan platform dimana para reformis dapat berbagi kesuksesan mereka dan advokasi untuk perubahan lebih lanjut.

Pendekatan Yayasan BaKTI untuk bertukar pengetahuan lokal dan replikasi inisiatif lokal itu sendiri merupakan model untuk replikasi potensial ke kawasan lain di negara ini. Singkatnya, sifat pekerjaan BaKTI adalah untuk mendukung dan memelihara pengembangan, pembuatan dan penyebaran produk pengetahuan, terutama mereka yag memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pelayanan, dan juga untuk mendukung dan memelihara jaringan dan mekanisme yang memungkinkan pelaku utama pembangunan di kawasan timur Indonesia untuk memperbaiki cara mereka memberikan pelayanan publik.

Berkenaan dengan penjabaran di atas, maka AIPD dan BaKTI bekerjasama melalui komponen Pengelolaan Pengetahuan yang akan mengimplementasikan beberapa produk kunci, salah satunya adalah Produk Kunci Produk kunci ini mengidentifikasi berbagai topik penelitan, terutama terkait pengelolaan keuangan daerah, dan penyampaian layanan publik, beserta mengidentifikasi dan menyeleksi informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari implementasi program AIPD, dan mengembangkannya menjadi produk komunikasi dan pengetahuan untuk selanjutnya didiseminasikan ke staf internal AIPD dan key stakeholders AIPD. 

 

TUJUAN

  1. Bertugas dan bertanggungjawab menciptakan serta membuat semua produk komunikasi dan publikasi
  2. Memastikan produk komunikasi dan publikasi dibuat tepat waktu, sesuai dengan standard yang diinginkan AIPD dan BaKTI
  3. Memberikan masukan kreatif untuk desain, setting dan lay out produk komunikasi dan publikasi

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Menyediakan dukungan (dalam bentuk desain dan lay out) ) produk visual untuk kegiatan dan proyek termasuk produk publikasi, Dokumentasi, Pelaporan, Relasi Media, Newsletter dan hal-hal yang berhubungan dengan strategi komunikasi lainnya baik itu secara internal dan eskternal
  2. Menyediakan dukungan (dalam bentuk desain dan lay out) produk visual untuk program dan kegiatan seperti brosur, flyer, poster, merchandise dan presentasi audio visual serta video yang dibutuhkan untuk strategi komunikasi dan publikasi
  3. Membantu pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh BaKTI dan AIPD
  4. Bertanggung jawab untuk menyimpan semua dokumentasi publikasi dan komunikasi dan menyediakan dokumentasi tersebut pada saat dibutuhkan
  5. Melaksanakan berbagai macam tugas yang dibutuhkan oleh tim

 

KELUARAN

Berbagai macam produk komunikasi dan pengelolaan pengetahuan seperti dalam bentuk desain dan setting untuk:

 

  • Materi promosi dan identitas institusi (goodiebag, notebook, folder, amplop, pena, gelas, payung, t-shirt, topi, kalender 2015)
  • Banner, flyer, advetorial, performance story, photobook
  • Infografis atau Video Graphic Recording
  • Podcast/video singkat (untuk meningkatkan pemahaman staf AIPD mengenai BPJS, UU Otonomo Desa,  Frontline services, Fotografi dan Teknik Peliputan, dan sebagainya)
  • Policy Brief/Laporan Hasil Penelitian TADF
  • Monthly E-Newsletter
  • Video praktek cerdas/pembelajaran pembangunan terkait implementasi kegiatan AIPD dan kegiatan lainnya di luar AIPD yang terkait dengan isu-isu desentralisasi dan frontline services
  • Talkshow TV and Radio on AIPD mengenai  frontline services dan outcomes program AIPD

 

 

LIAISON / PELAPORAN

Visual Communication Officer melapor kepada Program Manager Proyek Pengelolaan Pengetahuan lalu berkoordinasi dengan BaKTI Focal Point dan menerima masukan dari Executive Director BaKTI.

 

KUALIFIKASI/KRITERIA

  1. Minimal lulusan S1 dari jurusan desain atau yang memiliki pengalaman di bidang tersebut
  2. Memiliki pengalaman di bidang yang sama kurang lebih 5 tahun
  3. Mampu bekerja dalam deadline yang rapat dan memahami konsep multi angle dalam sebuah tema tulisan.
  4. Memahami konsep apresiatif inquiry untuk memberi nilai tambah dalam mendokumentasikan praktik cerdas/pembelajaran pembangunan secara visual.
  5. Kreatif dan memiliki inovasi yang tinggi.
  6. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan Inggris (cukup/pasif)

 

DURASI KONTRAK

April 2014-Maret 2015

 

LOKASI

 Visual Communication Officer akan bekerja di Makassar 

Kirimkan lamaran (CV dan Letter of Interest) ke info{at]bakti.or.id dengan judul email "Visual Communication Officer KM BaKTI-AIPD" dengan tidak lebih dari kapasitas 300KB ( untuk attachment dan portfolio/contoh hasil kerja). Lowongan dibuka sampai tanggal 04 April 2014.