BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Tingkatkan Produksi Pertanian Melalui Teknonolgi Kalander Tanam

Tingkatkan Produksi Pertanian Melalui Teknonolgi Kalander Tanam

Oleh Aslan Akuba - Wed Apr 02, 9:52 am

GORONTALO – Penurunan kualitas dan kuantitas produksi pertanian dan serangan organisme pengganggu tumbuhan merupakan tantangan dunia pertanian yang semakin beragam. Hal ini tentu membuat pihak Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo tidak tinggal diam dan terus berinovasi guna meningkatkan Produksi Pertanian Melalui Teknonolgi Kalander Tanam.Untuk mewudujkan hal itu maka Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Gorontalo pada 28 Maret 2014 lalu mengadakan sosialisasi kalender tanam terpadu Musim Tanam (MT) II Tahun 2014 yang diikuti oleh peserta dari kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Milana Limboto itu dihadiri Dinas pemerintah/Dinas terkait antara lain Dinas Pertanian, Balai Penyuluhan dan BMKG. Peserta sosialisasi diikuti oleh para penyuluh pertanian, mantri tani da petani yang berjumlah 50 orang. Sosialisasi ini dibuka oleh Ir. Dahlan Walangadi, MP, mewakili kepala BPTP. Dalam kesempatan itu Dahlan Walangadi menyampaikan pentingnya informasi kalender tanam dalam peningkatan kompetensi dari penyuluh dalam melakukan pendampingan terhadap petani agar usaha tani yang dilaksanakan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan produksi tinggi.

Menurutnya, bahwa tuntutan yang semakin tinggi serta adanya perubahan iklim yang menyebabkan kebanjiran dan kekeringan menyebabkan ketidakmenentuan perencanaan pola tanam yang dilakukan oleh petani.

Oleh karena itu diperlukan strategi dan upaya adaptasi kegiatan pertanian seperti pemanfaatan teknologi spesifik lokasi yang toleran terhadap perubahan iklim, penyesuaian waktu dan pola tanam, penggunaan varietas yang mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim, penggunaan varietas yang tahan terhadap OPT dan pengelolaan air secara efisien.

Hal ini sangat membantu petani, penyuluh dan pengambil kebijakan dalam melakukan perencanaan kedepan dalam melakukan budidaya padi dan palawija. Agar upaya tersebut dapat terlaksana dengan baik, maka Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian meluncurkan sistem informasi kalender tanam terpadu (KATAM) yang merupakan pedoman atau alat bantu bagi petani dan masyarakat yang membutuhkan informasi terkait waktu tanam, pola tanam, rekomendasi varietas, rekomendasi pupuk dan informasi yang lainnya. “Informasi KATAM dapat diakses melalui alamat www.pertanian.go.id. dan sms center 08-123-565-1111 dan 082-123-456-500,”tandas Dahlan walangadi.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi sekaligus sosialisasi Katam oleh Dedy Hertanto SP. Setelah pemaparan materi dan sosialisasi, dibuka sesi diskusi yang melibatkan seluruh peserta. Berbagai pertanyaan tersebut kemudian ditanggapi oleh Kepala BMKG Indar Adi Waluyo. dan peneliti BPTP Gorontalo DR.Ir. Rahmat H. Anasiru, M.Eng dan Ir. Annas Zubair M.Si. (roy/ADV).

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/04/02/tingkatkan-produksi-pertanian-melalui-teknonolgi-kalander-tanam/