BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Tandingi Freeport, Pertamina Bangun Depo Avtur di Mimika

Tandingi Freeport, Pertamina Bangun Depo Avtur di Mimika

    Written by  Katharina Lita
    Mon,02 June 2014 | 14:23

KBR, Jayapura - PT Pertamina Region VIII Maluku-Papua berencana membangun Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk penerbangan komersial di Bandara Mosez Kilangin, Mimika. DPPU berkapasitas 1800 kiloliter (kl) itu didirikan di atas tanah 12 ribu meter persegi.

General Manajer PT Pertamina setempat, Mohammad Irfan mengatakan, selama ini avtur untuk pengisian maskapai penerbangan komersil masih dilayani oleh Avco, salah satu perusahaan milik PT Freeport Indonesia.

“Jadi kita operasional untuk disana, masih menggunakan Jober Timika namanya. Kemarin saya bersama dengan Pak Bupati dengan pejabat dari sana juga sudah survei ke lokasi DPPU yang baru dan sedang kita matangkan,” kata Mohammad Irfan di Jayapura, Senin (2/6).

Kelak, kata Irfan, DPPU Pertamina akan mengisi avtur pesawat yang selama ini dilayani oleh Freeport.

“Jadi nanti dibagi dua. Jadi yang untuk komersial dilayani Pertamina, mungkin yang intern Freeport, tetap akan dilayani oleh Avco, jadi konsepnya seperti itu,” ujarnya.       

Dengan pendirian DPPU tersebut, kata Irfan, sejumlah penerbangan dari dan ke sejumlah daerah Pegunungan Tengah papua bakal lebih murah.

Sebelumnya, Pemprov Papua menuding Pertamina tak  pernah serius untuk membangun depot BBM di Kabupaten Mimika. Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal sempat mengatakan, pendirian depot BBM dan juga DPPU telah dilakukan sejak 10 tahun lalu, saat ia menjabat sebagai Bupati Mimika. Namun hingga saat ini pembangunan depo itu tak kunjung teralisasi.

Pemprov bahkan telah menempuh sejumlah jalur langsung dengan petingi-petinggi di pusat, diantaranya Menteri BUMN, Dahlan Iskan dan Wakil Presiden, Boediono. Selama ini pasokan BBM di Mimika dikelola langsung oleh masing-masing agen atau pengusaha BBM setempat atau biasa disebut dengan jober, tanpa melalui Pertamina.

Editor: Anto Sidharta

Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/papua/3266228_4263.html