BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Sistem Listrik Ambon Akhirnya Pulih

Sunday, 09 November 2014
Sistem Listrik Ambon Akhirnya Pulih

Ambon - Janji PT PLN untuk menormalkan pasokan listrik di Kota Ambon akhirnya ditepati, Jumat (7/11). Mesin pembangkit pada PLTD Wika telah beroperasi kembali pasca kerusakan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Bukan hanya mesin pembangkit pada PLTD Wika berkapasitas 8 MW yang telah beroperasi, namun sistem listrik Ambon juga mendapat dukungan 10 MW dari PLTD Central Power Indonesia (CPI) yang juga disewa PLN.

Hal ini diungkapkan Manajer Teknik PT PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Sahrizal Purba kepada wartawan usai mengikuti rapat bersama dengan komisi B DPRD Maluku, di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (7/11).

Dikatakan, mesin pembangkit unit 5 pada PLTD WIKA yang berlokasi di Desa Hative Kecil telah beroperasi kembali seperti semula. “Pasokan daya juga didukung PLTD CPI yang baru disewa sebesar 10 MW sehingga kebutuhan daya saat ini bisa terpenuhi,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini beban puncak di sistem listrik Ambon mencapai 52 MW, sementara pasokan daya dari mesin pembangkit PLN mencapai 53 MW.

Disisi lain, PLN juga menjamin pasokan listrik pada beberapa lokasi pelaksanaan Pesparawi. “Khusus di Baileo Siwalima telah kita back up dengan generator. kita berharap tidak ada gangguan yang mendadak sehingga pasokan tetap seperti biasa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Maluku Reinhard Toumahuw memberikan apresiasi kepada PLN yang telah menepati janjinya untuk menormalkan pasokan listrik di Ambon.

“Yang pasti kita apresiasi PLN karena pasokan listrik kembali normal, namun komisi juga kedepan akan mengun­dang GM PT PLN, sebab dalam rapat tadi beliau tidak hadir. Karena komisi kali ini bukan hanya fokus untuk kota Ambon tapi berbagai daerah lainnya di Maluku yang terdiri dari pulau-pulau ini harus juga diperhatian. Banyak masukan dari teman-teman komisi bahwa mereka menginginkan GM PLN untuk hadir guna menjelaskan kondisi kelis­tri­kan disemua wilayah di Ma­-luku dan itu nanti kita agen­dakan,” tandasnya. (S-37)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/sistem_listrik_ambon_akhirnya_pulih#sthash.uF7ikubF.dpuf

Related-Area: