BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Sensasi Aroma Kopi dari Empat Wilayah di Festival Kopi Papua

Jayapura - Festival Kopi Papua perdana akan digelar pada 3-4 Agustus 2018 di Kota Jayapura. Festival yang diselenggarakan Bank Indonesia itu akan menghadirkan para petani, kedai, dan komunitas kopi dari empat wilayah di Papua. Rata-rata yang akan hadir ini merupakan binaan Bank Indonesia.

"Kami akan hadirkan kopi Arabika dari Wamena, kopi Moenamani dari Nabire, Pegunungan Bintang dan kopi Robusta dari Kepulauan Yapen," jelas Kepala Pengembangan Ekonomi Perwakilan Bank Indonesia di Papua, Adi Purwantoro kepada sejumlah wartawan di Kota Jayapura, Selasa, 24 Juli 2018.

Menurut Adi, empat wilayah ini merupakan daerah yang kualitas kopinya sudah dikenal dan memiliki cita rasa yang khas dan berbeda.  "Memang secara keseluruhan, selain empat wilayah itu, ada beberapa daerah lainnya, misalnya Dogiyai dan Lanny Jaya. Tapi untuk sementara, baru empat wilayah ini diikutsertakan dalam festival ini. Mereka petani binaan pihak perbankan," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun Kabarpapua.co, Festival Kopi Papua ini adalah salah satu cara untuk mendorong budaya minum kopi di Papua dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua, baik dari sisi petani dan pemanfaatan lahan yang ada di dataran rendah, sedang, maupun dataran tinggi.

"Untuk diketahui, kopi Papua ini memang berpeluang untuk dikembangkan keluar, sehingga dengan adanya Festival Kopi Papua ini, merupakan satu event promosi kualitas kopi yang ada di Papua," Adi menjelaskan.

 

Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/3600983/sensasi-aroma-kopi-dari-empat-wilayah-di-festival-kopi-papua

Related-Area: