BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Raih WTP, Gubernur Sultra Tekankan Tiga Fungsi Dimaksimalkan

Raih WTP, Gubernur Sultra Tekankan Tiga Fungsi Dimaksimalkan
Posted by Mas'ud | Sunday, 16 February 2014  

KENDARINEWS.COM : Untuk mencapai target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, diharapkan memaksimalkan tiga fungsi dalam pelaksanaan organisasi.
Fungsi itu yakni, fungsi organisasi, managament dan fungsi leadership. Ketiganya mesti dimaksimalkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan dan Biro. Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Nur Alam, SE. M.Si menjelaskan. Fungsi organisasi adalah Kepala Dinas, Badan dan Biro merupakan satu unit organisasi dari pemerintahan daerah. setiap organisasi memiliki visi misi dan komitmen yang harus diwujudkan oleh organisasi melalui pimpinan dan seluruh perangkat yang ada didalamnya.
”Dengan kerjasama merupakan sesuatu yang sangat mutlak, dalam rangka mewujudkan visi misi dan komitmen,” ucap Nur Alam saat memimpin rapat evaluasi APBD 2013 di Kendari kemarin.
Sedangkan fungsi management, Nur Alam menekan empat hal yakni, perencanaan, evaluasi, monitoring, pengawasan dan pelaporan yang baik.“empat hal ini adalah, siklus, dimana mata rantainya tidak dapat dipisahkan, sehingga secara rutin dilakukan seperti pengawasan internal, eksternal dan pelaporan, sebab sekalipun perencanaan sudah diawasi, hingga diujung, tetapi, jika tidak ada pelaporan untuk berbagai tujuan dan kepentingan, maka fungsi manageman secara kualitatif tidak terlalu baik. Katanya.
Penekanan terakhir adalah leadership, kata dia, kepemimpinan SKPD dalam organisasinya, mampu memberikan contoh, baik disiplin diri, disiplin kerja dan disiplin kelembagaan. “Pimpinan organisasi harus manpu membangkitkan gairah dan semangat kerja perangkat-perangkat yang ada di strukturnya, apakah itu esalon III, IV maupun para stafnya. Kemudian fungsi leadership yaitu, manpu mendorong, memotivasi peningkatan kualitas sumber daya staf, aparatur yang diyakini, bahwa itu bisa menjadi daya pengungkit bagi terwujudnya pencapaian tujuan atau target belanja,” urainya..
Nur Alam juga mengingatkan pimpinan SKPD tahun 2014 merupakan tahun kerja dan tahun kualitas, sehingga salah satu yang ingin capai di 2014 adalah, opini BPK untuk mencapai WTP.
“Saya akan mengawal langsung, meminta penjelasan terhadap pimpinan SKPD, apa yang sudah dilakukan, khususnya yang berkaitan langsung dengan WTP, seperti pengelolaan keuangan dan aset, agar dengan sungguh-sungguh melakukan penguatan, jangan sampai pengelolaannya sudah baik dan rapih, tetapi pengelolaan aset menjadi kendala yang akan menjadi pengaruh untuk mencapai WTP,” ujar nur Alam.
Dikatakan, berbagai kebijakan tehnis sudah dilakukan, sehingga diyakini target WTP tersebut dapat diwujudkan di 2014, tentu dengan dukungan semua pimpinan SKPD, Badan dan Biro. “Semua pimpina harus kerja smultan, berkerja untuk mencapai target besar, seperti yang diharapakan bersama. Walapun sebetunya WTP itu, bukan satu-satunya target besar yang ingin dicapai, tetapi itu merupakan indikator fungsi pengelolaan keuangan dan aset yang sudah baik, sehingga seluruh pimpinan diharapkan, sebelum tanggal 10 bulan berjalan, laporan keuangan SKPD, Badan dan biro sudah tuntas,”.harapnya. (Mas’ud).

Sumber: http://www.kendarinews.com/content/view/13607/437/