BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Punya Wakatobi, Sulawesi Tenggara Tak Mau Berpuas Diri

Punya Wakatobi, Sulawesi Tenggara Tak Mau Berpuas Diri
Posted by Nurhidayat | Tuesday, 01 April 2014  

KENDARINEWS.COM-JAKARTA, Siapa tak mengenal Wakatobi? Keindahan biota bawah lautnya menjadi magnet penyelam lokal maupun dunia. Tak ayal, kawasan ini masih menjadi primadona pariwisata Sulawesi Tenggara.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Zainal Koedoes, mengatakan bahwa atraksi wisata favorit masih terpusat pada Wakatobi. “Saat ini, wisatawan dari mancanegara maupun lokal masih terpaku di Wakatobi. Aktivitas yang dilakukan biasanya menyelam,” katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.
 
Meski demikian, pihaknya tak lantas puas mendapati bahwa Wakatobi dikenal sebagai wisata bahari berkelas dunia. Zainal mengaku justru menjadi tantangan tersendiri untuk memajukan pariwisata wilayah lain serupa seperti ketenaran Wakatobi di mata wisatawan.
 
“Kami telah menyiapkan kawasan lain yang tak kalah indah dari Wakatobi karena kami ingin potensi alam di Sultra dapat dikenal semuanya oleh wisatawan lokal maupun asing,” tambahnya.
 
Taman Nasional Laut Wakatobi merupakan destinasi bahari berkelas dunia. Kekayaan biota laut ini tidak lain karena hamparan terumbu karang yang sangat luas di sepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang berwarna-warni, seperti bentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan underwater cave, serta lebih dari 112 jenis karang dari 13 famili.
 
Kawasan ini juga sangat kaya akan spesies koral. Di sana, terdapat 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Konfigurasi kedalamannya bervariasi mulai dari datar sampai melandai ke laut dan di beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Bagian terdalam perairannya mencapai 1.044 meter. (ftr/Okezone.com)

Sumber: http://www.kendarinews.com/content/view/6309/42/#sthash.8J6zJg7f.dpuf