BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Puluhan TKI Asal NTB Tertular HIV/AIDS

Puluhan TKI Asal NTB Tertular HIV/AIDS

    Written by  Zainudin Syafari
    Wed,19 November 2014 | 17:47

KBR, Mataram - Sampai September lalu,  tercatat sebanyak 70 tenaga kerja Indonesia (TKI) atau bekas TKI mengidap HIV/AIDS. Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) NTB, H. Suharmanto mengatakan, jumlah itu tersebar di seluruh kabupaten kota di Nusa Tenggara Barat. (NTB).  


“Sebenarnya kita tidak mendiskreditkan atau tidak mencurigai TKI, bukan. Tetapi kasus sudah merata termasuk kasus-kasus yang TKI ternyata cukup banyak, ada di Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat,” kata Suharmanto. 


“Tternyata ada beberapa yang terkena termasuk istri-istri TKI. Ini berarti indikasinya apa, kita harus waspadai mereka-mereka yang berisiko tinggi. Laki-laki berisiko tinggi harus diwaspadai. Jangan pulang ke rumah itu membawa oleh-oleh penyakit, itu di Bandara Internasional Lombok itu tidak ada filter.” 


Untuk selanjutnya kata Suharmanto,  pemerintah bersama stakeholder terkait akan mengupayakan aturan agar dilakukan pemeriksaan kesehatan para TKI. Baik ketika akan diberangkatkan ke luar negeri maupun ketika kembali ke kampung halamannya.


Sementara untuk kasus HIV/AIDS yang ditemukan sampai September di NTB mencapai  912 kasus. Orang dengan HIV.AIDS (ODHA) yang sudah meninggal sebanyak 216 orang 


Editor: Antonius Eko 



Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/nusatenggara/3366976_4265.html

Related-Area: