BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Presiden Minta Festival Tambora Digelar Tiap Tahun

Presiden Minta Festival Tambora Digelar Tiap Tahun
ZAENUDIN SYAFARI

Sabtu, 11 April 2015 16.56 WIB

Presiden Jokowi (berbaju putih) saat meresmikan Tambora sebagai Taman Nasional di Kabupaten Dompu, NTB, Sabtu (11/4/2015). Foto: Zainudin Syafari

KBR, Dompu - Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk menjadikan event Tambora sebagai festival tahunan. Instruksi Presiden disampaikan saat menyampaikan sambutan dalam perayaan puncak Tambora Menyapa Dunia yang digelar di padang savanna Doro Ncanga, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Sabtu (11/4/2015) siang.
 
Pada saat yang sama juga presiden meresmikan Tambora sebagai Taman Nasional. Secara khusus Presiden menitipkan agar setelah Tambora dijaga keindahan dan kelestarian alamnya.
 
“Jadi saya sudah bisikin ke Menteri Pariwisata agar ada setiap tahun Festival Tambora, yang membiayai pemerintah pusat. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrohim saya juga meresmikan gunung Tambora sebagai taman nasional Gunung Tambora. Saya minta kepada taman nasional gunung Tambora ini dijaga, dirawat jangan sampai ada yang dirusak,” kata Jokowi.
 
Presiden tiba di Doro Ncanga dengan menggunakan helikopter Super Puma yang dioperasikan TNI AU. Presiden yang mengenakan kemeja putih khasnya tiba di Doro Ncanga didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, dan putrinya Kahiyang Ayu. Gubernur TGB HM Zainul Majdi beserta istri satu helikopter bersama Presiden.
 
Turun menyambut Presiden, tak kurang dari 10 ribu masyarakat Dompu, yang sudah memadati Doro Ncanga, sejak sehari sebelumnya. Mereka menyemut, bertahan di bawah terik, untuk melihat langsung Presiden dari dekat. Beberapa orang berebut bersalaman, yang membuat suasana kian riuh.

Editor: Anto Sidharta

Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/04-2015/presiden_minta_festival_tambora_digelar_tiap_tahun/69720.html

Related-Area: