BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Potensi Kelautan Belum Optimal Terjamah

Potensi Kelautan Belum Optimal Terjamah

Oleh Aslan Akuba - Thu Mar 06, 10:06 am

Anggaran Pengelolaan Diusul Bersinergi dengan Pemprov dan Pusat

TILONGKABILA – Kabupaten Bone Bolango (Bonbol) tercatat punya banyak potensi alam. Salah satunya sektor kelautan dan perikanan di wilayah Bone Pesisir. Hanya saja, untuk pengelolaan sektor ini belum tersentuh atau terjamah secara optimal.

Padahal jika sektor ini dijadikan unggulan daerah, maka pasti hasilnya mampu menopang sektor kebutuhan masyarakat Bonbol pada umumnya.

Berangkat dari upaya tersebut, Wakil Ketua DPRD Bonbol Imran Ahmad cukup memberikan beberapa pertimbangan dan solusi alternatif.

Misalnya untuk mengoptimalkan pengelolaan kawasan pesisir pantai dapat diupayakan kerja sama dan sinergi penuh antara Pemkab dengan Pemprov Gorontalo. Terlebih lagi kalau sektor ini dibantu dengan anggaran pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan.

“Saya yakin kalau potensi kelautan dan perikanan ini disentuh secara optimal, maka pengembangannya makin maju. Bahkan diyakini mampu menyokong kebutuhan masyarakat di luar Provinsi Gorontalo,” papar Imran Ahmad belum lama ini.

Lanjut politisi dikenal peduli masyarakat bawah ini mengatakan, pengelolaan laut dan perikanan patut dibarengi penguatan keterampilan nelayan. Tujuannya agar konsep pengelolaan dapat berkesinambungan dan lebih menyentuh aktivitas masyarakat setempat.

Imran menambahkan, potensi keterampilan ini pada umumnya sudah dimiliki komponen masyarakat nelayan. Hanya saja, masih perlu ditingkatkan lagi. Sehingga turut memberikan motivasi tersendiri demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat bawah.

“Perlu dicatat setiap tahun anggaran sudah ada porsi anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan. Jadi tinggal bagaimana upaya pemerintah bisa menyedot anggaran itu ke daerah,” kata Imran seraya mengatakan, pengelolaan sektor ini tidak cukup kalau hanya memusatkan pada porsi APBD saja.(nrt)

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/03/06/potensi-kelautan-belum-optimal-terjamah/