BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pontoh: Narkoba Penyebab HIV/AIDS Meningkat di Maluku

Monday, 15 June 2015
Pontoh: Narkoba Penyebab HIV/AIDS Meningkat di Maluku

Ambon - Maraknya penggunaan narkoba di Maluku menyebabkan kasus HIV/AIDS meningkat. Bukan saja di Maluku akan tetapi di Indonesia, sehingga secara nasional tahun 2015 Indonesia dikategorikan darurat narkoba.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Ike Pontoh kepada Siwalima di gedung Islamic Center Sabtu (13/6), usai pembukaan Seminar Nasional Ancaman Narkoba dan HIV/AIDS.

Menurutnya, kasus-kasus HIV/AIDS ataupun narkoba di Provinsi Maluku terus mengalami pening­katan. Untuk mengatasinya, ber­bagai upaya telah dilakukan seperti seminar dan sosialisasi yang meli­batkan tenaga kesehatan maupun masyarakat.

“Seperti yang sudah di sampaikan saat launching di Lapangan Mer­deka lalu, khusus untuk Maluku ada kecenderungan peningkatan kasus HIV/AIDS karena penggunaan Narkoba juga yang meningkat. Tapi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku bersama tenaga-tenaga medis lainnya tetap berupaya untuk me­nekan angka tersebut salah satunya dengan cara seminar dan juga sosia­lisasi,” ujar Pontoh.

Bukan hanya sekedar sosialisasi dan seminar, Pontoh juga meminta media massa ikut berperan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya penggu­naan narkoba dan HIV/AIDS.

“Kami sangat mengharapkan peran media, koran banyak dibaca oleh masyarakat. Dengan oplah yang besar mampu menjangkau kabupaten/kota. Jika info HIV/AIDS ini disampaikan oleh media, maka akan ada banyak masyarakat yang tahu dan kemudian mewaspadai hal-hal tersebut. Intinya  mencegah dengan merubah pola hidup,” harap Pontoh.

Dikatakan, peran media sangat diperlukan karena kasus HIV/AIDS serta Narkoba sangat berhubungan dengan perilaku manusia. Sebagai contoh penggunaan narkoba deng­an menggunakan jarum suntik dapat menyebabkan seseorang terinfeksi virus HIV.

Sebelumnya dalam sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan Pontoh dalam  Seminar Kesehatan Akademi yang dilakukan Kepe­rawa­tan Rumkit Latumeten Ambon tahun 2015  mengangkat tema “Se­ma­ngat dan Tekad Seminar Kese­hatan, Kami Wujudkan Masya­rakat Maluku Yang Bebas dari Pe­nyalahgunaan Narkoba dan Pen­cegahan Dini HIV/AIDS” gubernur berharap agar civitas akademik keperawatan Rumkit Tk.III Dr.J.A. Latumeten Ambon dapat men­sosialisasikan kembali hasil seminar kepada masyarakat yang ada disekitar mereka. (Mg-1)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pontoh_narkoba_penyebab_hivaids_meningkat_di_maluku#sthash.TXDNFb13.dpuf

Related-Area: