BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

PLN Operasikan PLTG Gorontalo

KETENAGALISTRIKAN
PLN Operasikan PLTG Gorontalo
Ikon konten premium Cetak | 18 Januari 2016 Ikon jumlah hit 47 dibaca Ikon komentar 0 komentar

JAKARTA, KOMPAS — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mulai mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas berkapasitas 2 x 25 megawatt di Gorontalo sejak Sabtu (16/1). Pembangkit listrik tenaga gas itu merupakan pembangkit pertama yang dioperasikan dalam proyek pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt. Namun, masih terjadi pemadaman listrik di beberapa wilayah di Gorontalo.

Dalam pernyataan resmi PLN yang diterima Kompas, Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gorontalo itu adalah yang pertama beroperasi dalam proyek pembangkit 35.000 megawatt (MW). Untuk tahap pertama, dari kapasitas 4 x 25 MW, PLN mengoperasikan 2 x 25 MW. Listrik yang dihasilkan sudah masuk dalam sistem kelistrikan Sulawesi Utara dan Gorontalo.

"Ini yang pertama dioperasikan dalam proyek 35.000 MW dan sudah masuk dalam sistem interkoneksi kelistrikan 150 kilovolt ampere (kVa) Sulawesi Utara dan Gorontalo," kata Manajer Senior Public Relations PLN Agung Murdifi saat dihubungi, Minggu (17/1), di Jakarta.

PLTG Gorontalo berlokasi di Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Empat mesin turbin gas jenis TM 2500+ untuk pembangkit adalah buatan General Electric. Mesin turbin itu diangkut dari Belgia menggunakan kapal laut sejak September 2015 dan tiba di Teluk Tomini, Marisa, pada 7 November 2015.

Menurut Agung, dua unit mesin turbin PLTG Gorontalo yang tersisa berkapasitas masing-masing 25 MW diharapkan bisa beroperasi Februari mendatang. Saat ini, beban puncak daya listrik di Gorontalo 80 sampai 85 MW. Namun, pasokan listrik di Gorontalo hanya 50 MW.

Kendati ada tambahan pasokan daya, hingga Minggu sore, masih terjadi pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Gorontalo. "Listrik padam selama 2 jam sejak pukul 13.20. Minggu pagi sekitar pukul 05.00 juga terjadi pemadaman," kata Farid Dihuma (32), warga Kecamatan Kota Selatan, Gorontalo saat dihubungi dari Jakarta.

Pemadaman listrik juga terjadi di Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo dan Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, sejak Sabtu pukul 23.00 dan baru menyala Minggu pagi. (APO)

Sumber: http://print.kompas.com/baca/2016/01/18/PLN-Operasikan-PLTG-Gorontalo

Related-Area: