BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Perbaikan Bencana NTT Butuh Dana: Rp 150 Milyar

Perbaikan Bencana NTT Butuh Dana: Rp 150 Milyar

    Written by  Silver Sega
    Tue,25 March 2014 | 10:07

KBR68H, Kupang – Sepanjang Januari 2014 terdapat 15 kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda bencana alam. Jenis bencana yang dilaporkan dari sembilan kabupaten di daerah itu antara lain, bencana yang terjadi akibat angin kencang, gelombang pasang, angin puting beliung, banjir dan hama belalang.

Bencana terjadi di Kota Kupang, Kabupaten Lembata, Alor, Sumba Barat, Timor Tengah Utara, Kupang, Rote Ndao, Manggarai dan Kabupaten Sumba Timur. Perbaikan bencana membutuhkan dana Rp. 150 Milyar.

Kepala Balai Sungai Wilayah NTT, Charizal Manu menyatakan, selain kerugian material, ada juga korban jiwa dari total akumulasi seluruh bencana. Ada delapan orang meninggal dunia karena tenggelamnya perahu motor, tertimpa pohon, terseret banjir dan diterkam buaya

"Ini sedang kita usulkan ke Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta. Kita masih mengharapkan perbaikan secara cepat. Kalau lihat dari kondisi keuangan saya pikir tidak akan terjawab semua, tetapi paling tidak ada beberapa perhatian khusus yang menjadi prioritas kususnya mengenai keselamatan jiwa," kata Charizal A. Manu di Kupang, Selasa (25/3).

Selama ini penangan kerusakan akibat bencana di NTT masih bersifat darurat namun tidak bertahan lama.

Editor: Luviana

Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/nusatenggara/3184837_4265.html