BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Pemda Jalin Kerjasama dengan Bank Sulut

Pemda Jalin Kerjasama dengan Bank Sulut

Oleh Aslan Akuba - Wed Mar 05, 11:57 am

MARISA – Untuk melancarkan salah satu program unggulan Pemda Pohuwato yaitu tentang beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, belum lama ini Bupati Syarif Mbuinga didampingi Kabid Perencanaan Harson Towalu dan Kepala BPKAD, Achmad Djuuna menggelar pertemuan bersama Bank Sulut Manado guna menjalin kerjasama.Dalam kesempatan itu, Bupati Syarif Mbuinga menjelaskan, pihaknya telah menganggarkan kurang lebih Rp 2 milyar lewat APBD untuk beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.

Anggaran itu sendiri akan dibagi ditiga tingkatan, yaitu SD, SMP dan SMA sederajat yang ada di Pohuwato. Nanti mereka ini akan mendapatkan beasiswa dan itu dibuat dalam bentuk Kartu Prestasi Tuntas Sekolah (KPTS). “Jadi kami ingin menjalin kerjasama dengan pihak Bank Sulut, sehingga pihak bank yang mengurus KPTS tersebut,” jelas orang nomor satu di Pohuwato ini.

Ditambahkan pula, KPTS ini merupakan salah satu program unggulan Pohuwato, apalagi program ini perdana di daerah Pohuwato. Tak hanya itu saja, diharapkan agar program ini bisa menjadi rujukan dari daerah lain dan diikuti.

“Kami berharap agar ada peningkatan mutu pendidikan, peningkatan angka partisipasi dasar dan angka partisipasi murni, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menikmati pendidikan di Pohuwato tanpa membedakan status social, ekonomi dari seluruh lapisan masyarakat untuk menuntaskan pendidikannya hingga perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Dikbudpora Pohuwato, Lusiana Bouty melalui Kabid Perencanaan Harson Towalu menambahkan, untuk SD setiap siswa akan menerima KPTS dengan jumlah Rp 500 ribu, sedangkan SMP Rp 600 ribu dan SMA sederajat sebesar Rp 700 ribu. “Jadi untuk SD 1.200 orang siswa, SMP 1.000 siswa dan SMA sederajat 1.243 siswa.

Mereka telah mengusulkan ke sekolah dan kemudian sekolah melanjutkan ke dinan dan akan di SK kan oleh bupati. Insya Allah dalam waktu dekat ini program KPTS dapat terealisasi,” pungkasnya. (ais)

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/03/05/pemda-jalin-kerjasama-dengan-bank-sulut/