BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

PDRB Cermin Keberhasilan Pembangunan di Maluku

Friday, 05 December 2014
PDRB Cermin Keberhasilan Pembangunan di Maluku

Ambon - Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) maupun PDB merupakan cermin keberhasilan pembangunan di Provinsi Maluku, sedangkan pendapatan perkapita pertahun merupakan indikator penting yang menggambarkan tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat di daerah ini.

Hal ini dikemukakan Asisten III Sekda Maluku yang membidangi Pengembangan Ekonomi, Investasi Keuangan dan Administrasi Pembangunan, M Z Sangadji dalam sambutanya sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Perubahan Tahun Dasar PDB/PDRB Maluku Berbasis SNA 2008 dan Sosialisasi Hasil Sensus Pertanian Maluku Tahun 2013 di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (4/12).

Dikatakan, indikator tersebut adalah acuan dalam melaksanakan atau melakukan evaluasi, peren­canaan serta program pembangu­nan yang dimantapkan dan yang akan dilaksanakan di Maluku.

“Oleh karena itu, tahun dasar yang digunakan harus dengan mengikuti perkembangan ekonomi terkini agar seluruh negara akan berupaya untuk memaklumi tata cara teknik pengitungan PDRB dengan menggunakan tahun dasar yang dianggap baik,” ujarnya.

Menurutnya, BPS akan mengubah penghitungan PDB/PDRB tahun 2000, sehingga dasar penghitungan tahun mendatang akan berlaku pada bulan Januari 2015 ini dengan mengacu pada tahun dasar PDB/PDRB 2010 dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi terkini di Maluku.

“Saya sambut baik dan beri apresiasi terhadap penyelenggara kegiatan sosialisasi ini karena miliki makna yang penting dan strategis dalam menciptakan sistim iklim perekonomian Maluku yang produkstif dan marjinal,” tuturnya

Dikatakan, tahun 2010 dipilih sebagai tahun dasar untuk u menggantikan tahun dasar 2000 didasari dengan berbagai alasan, yakni tahun 2010 perekonomian relatif stabil, kedua telah terjadinya perubahan struktur ekonomi selama sepuluh tahun terutama dibidang informasi dan teknologi serta transportasi yang berpengaruh terhadap pola distribusi dan munculnya produk baru, ketiga rekomendasi PBB tentang pergantian tahun dasar dilakukan lima sampai sepuluh tahun, keempat terindifikasinya pembaruan konsep ditimisi, klasifiksi sesuai rekomendasi sistem nasional 2008.

Seiring alasan tersebut, maka sistim nasional com 2008 telah direkomendasi internasional tentang bagaimana menyusun ukuran aktivitas ekonomi sesuai dengan standar pembaca maupun yang didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi. Perbedaan PDB/PDRB tahun 2000 dengan PDB/PDRB tahun 2010 adalah pengelompokan sektor ekonomi dimana tahun 2000 sebanyak 9 sektor, sektor namun ditahun 2010 menjadi 17 sektor.

“Untuk itu sosialisasi perubahan tahun dasar PDB/PDRB Maluku sangatlah penting, selain dari menginformasikan regional terkini, seperti pergesaran struktur dan pergeseran pertumbuhan ekonomi dapat juga memahami mekanisme pencatatan statistik data PDB/PDRB secara regional maupun nasional,” tandansya.(Cr-1)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/pdrb_cermin_keberhasilan_pembangunan_di_maluku#sthash.ejmEjNR3.dpuf

Related-Area: