BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Mekokesra: Presiden Buka WCRC di Sulut

Mekokesra: Presiden Buka WCRC di Sulut
Wednesday, 16 April 2014 05:12

Editor: Tommy Waworundeng
JAKARTA –Menko Kesra RI Agung Laksono menegaskan bahwa World Coral Reef Conference (WCRC), Mei nanti, akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. “Pak Presiden SBY rencananya akan membuka WCRC.  WCRC ini sendiri merupakan tindak lanjut dari World Ocean Conference dan Coral Triangle Initiatives pada 2009, dan menghasilkan deklarasi Manado dan berhasil menarik kepedulian perlunya keberadaan terumbu karang bagi kehidupan,” ujar Laksono.

Menko Kesra lebih lanjut mengatakan bahwa WCRC merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas dalam pemanfaatan serta pengelolaan terumbu karang secara lestari dan berkelanjutan. Diharapakan negara yang memiliki terumbu karang seperti Amerika Serikat dan Australia hadir dalam konferensi  tersebut. “Memelihara dan merawat pantai yang memiliki terumbu karang seperti Indonesia dan anggota CTI. Lalu apa kelanjutannya terutama dalam terumbu karang agar jangan rusak akan dirumuskan,” tegas Menko Kesra.

Sebelumnya Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang telah memaparkan kesiapan Sulut menggelar WCRC Mei nanti. “Berbagai kesiapan menyambut iven skala internasional ini telah dilakukan sejak tahun lalu, seperti lokasi tempat pelaksanaan maupun hotel sebagai tempat akomodasi peserta termasuk sarana transportasi serta kegiatan penunjang lainnya. semuanya telah siap,” ujar Sarundajang.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk penyelamatan dan pelestarian pemanfaatan sumberdaya yang ada pada ekosistem terumbu karang, sekaligus akan menjadi wadah para pengambil kebijakan dalam merespons terumbu karang terkini,” pungkasnya.

Pertemuan yang dilangsungkan di ruang rapat utama Kemenko Kesra ini, dipimpin  langsung oleh Menko Kesra Agung Laksono dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Sutarjo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Mari Elka Pangestu, Wamendiknas yang juga selaku Plt Rektor Unsrat  serta pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Kehutanan, Kemlu, BPPT, serta Dirjen Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau kecil Dr Sudirman selaku Ketua Panitia Nasional.

Dari Sulut sendiri mendampingi Gubernur, Asisten Ekonomi Pembangunan Drs Sanny Parengkuan MAP, Ketua Bappeda Ir Roy O Roring MSi, Kadis Budpar Suprianda Ruru SH LLM, serta Kadis Perikanan dan Kelautan Ir Ronald Sorongan MSi. (*/myw)

 

Sumber:
http://www.mdopost.com/hariini/index.php?option=com_content&view=article&id=10313:mekokesra-presiden-buka-wcrc-di-sulut&catid=1:berita-utama&Itemid=50