BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Media Miliki Peran Besar Dalam Pembangunan

Monday, 08 December 2014
Media Miliki Peran Besar Dalam Pembangunan

Ambon - Media memiliki tanggung jawab dan peran yang besar dalam pembangunan maupun upaya membangun secara minimal pada tahap pemikiran masyarakat.

Direktur Arika Mahina Ina Soselisa mengatakan, pandangan masyarakat terhadap suatu permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat tidak terlepas dari peran media, untuk itu peran media sangat vital karena bertanggung jawab dalam membentuk opini masyarakat baik itu positif maupun negatif.

 “Dampak pemahaman fungsi media bagi masyarakat dalam isu-isu Maju Perempuan Indonesia untuk penanggulangan kemiskinan (MAMPU) yang bertujuan untuk mengkontribusi pada lahirnya kebijakan proposional dan respensif gender yang terdapat pada lima isu,” ungkap Soselisa dalam sambutannya saat membuka kegiatan Diskusi Media tentang Strategi Pemberitaan Media  dalam tema MAMPU yang berlangsung di Hotel Everbright, Sabtu (6/12).

Menurutnya, dari lima isu MAMPU yakni untuk meningkatkan akses perempuan ke pekerjaan dan menghapuskan diskriminsi ditempat kerja, meningkatkan akses perempuan terhadap program perlindungan sosial pemerintah, meningkatkan kondisi untuk migrasi pekerja perempuan ke atau di luar negeri, memperkuat kepemimpinan perempuan untuk hak-hak kesehatan dan reproduksi yang lebih baik, dan memperkuat kepemimpinan perempuan untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan.

Hal ini sangat membutuhkan partisipasi media dalam mensosialisasikan sekaligus membangun oponi publik guna membangun sinergitas bersama guna mendorong perubahan kebijakan yang pro kemiskinan dan responsif gender. 

Sementara itu Pemimpin Redaksi Harian Suara Maluku yang juga salah satu Narasumber Novi Pinontoan mengatakan, dari lima isu ini banyak yang tidak terdapat pada pemberitaan media, karena pemberitaan media juga terbatas.

“Saya mau katakan kalau untuk pemberitaan media itu sangat terbatas sebab media kebanyakan terfokus pada pemberitaan yang engelnya menarik dan saya pikir lima isu ini kurang menarik dibandingkan dengan isu korupsi,” ungkapnya.

Selain itu, dalam strategi pemberitaan juga perlu ada investigasi dari pada straight news sehingga hal ini perlu di rubah. “Memang kalau mau dilihat media banyak menggunakan gaya penulisan straight news dari pada investigasi sehingga cara ini perlu dirubah karena bila menggunakan itu bisa memberikan pemberitaan yang baik, dan itu semua tergantung  dari masing-masing pimpinan redaksi,” ujarnya. (S-40)
- See more at: http://siwalimanews.com/post/media_miliki_peran_besar_dalam_pembangunan#sthash.2S9GSczZ.dpuf

Related-Area: