BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Mayoritas Penderita HIV/AIDS di Luwu Didominasi Pekerja Tempat Hiburan Malam

Mayoritas Penderita HIV/AIDS di Luwu Didominasi Pekerja Tempat Hiburan Malam
Selasa, 2 Desember 2014 | 12:50 WIB

LUWU UTARA, KOMPAS.com - Hasil pemeriksaan darah yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara terhadap seluruh warganya menunjukkan bahwa mayoritas penderita HIV/ AIDS di daerah ini adalah pekerja tempat hiburan malam.
Di kawasan ini, ada 20 tempat hiburan malam yang tersebar di Kecamatan Sabbang, Sukamaju dan Bonebone. Jumlah penderita HIV/AIDS di tempat-tempat ini mencapai 12 orang dan seluruhnya adalah pekerja tempat hiburan malam aktif.
“Usia penderita rata-rata 20 tahun. Paling tua 40 tahun. Dominan perempuan dan bekerja di THM. Seorang penderita di Baebunta sudah meninggal dunia,” kata Kadis Kesehatan Kabupaten Luwu Utara, dr Nurhusna.
Penderita HIV/AIDS yang ada di daerah ini juga merupakan pedagang yang merantau di pulau Jawa. Diduga, saat berdagang itulah mereka keluar masuk tempat prostitusi.
Dia mengatakan, penderita HIV/AIDS ini ditemui melalui program zero survei. Petugas langsung melakukan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di Makassar.
“Pengambilan sampel darah ini diacak. Hanya dilakukan pada daerah yang dianggap rentan terjadinya penularan HIV/AIDS. Daerah-daerah yang menjadi lokasi pengambilan sampel daerah ada di kawasan Kecamatan Sabbang, Sukamaju, dan Bonebone,” ungkapnya.
Wakil Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan, daerah yang dipimpinnya sudah masuk dalam peringkat 18 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.
“Untuk meminimalisasi penyebaran harus dilakukan pencegahan,” kata Indah.
Penulis    : Kontributor Bone, Abdul Haq
Editor     : Caroline Damanik 



Sumber: http://regional.kompas.com/read/2014/12/02/12502781/Mayoritas.Penderita.HIV.AIDS.di.Luwu.Didominasi.Pekerja.Tempat.Hiburan.Malam?utm_source=WP&utm_med...

Related-Area: