BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kupang Prioritaskan Sebagai Kota Pusaka

Kupang Prioritaskan Sebagai Kota Pusaka

    Written by  Silver Sega
    Mon,28 April 2014 | 11:31

KBR68, Kupang –  Peninggalan sejarah di kota Kupang akan menjadi prioritas para sejahrawan di Kupang. Hal tersebut menyusul ditetapkannya Kupang sebagai kota pusaka.

Direktur Eksekutif Jaringan Kota Pusaka Indonesia, Nanang Asfarinal mengatakan Jaringan Kota Pusaka Indonesia ingin mengetahui apa saja peninggalan sejarah yang dimilili Kota Kupang.

"Kupang terpilih masuk dalam salah satu program penetapan kawasan kota pusaka. Jadi kita mau lihat dulu, apa saja peninggalan-peninggalan sejarah yang belum dimunculkan di kota Kupang. Dan yang akan kita dorong ke depan kota Kupang ini lebih bisa diandalkan potensi pusaka menjadi aset dan menjadi tunjungan kunjungan wisatawan ke Kota Kupang.”

Sebelumnya, Walikota Kupang Yonas Salean juga mengatakan akan menata ulang kota kupang sebagai kota pusaka. Dia mengatakan kota Kupang memiliki peninggalan-peninggalan bersejarah. Seperti bekas rumah asisten residen jaman Belanda dan bekas kantor gubernur NTT pertama. Selain itu ada sejumlah bangunan tua lainnya seperti Kelenteng Lay, Lembaga Pemasyarakatan tempo dulu, masjid Airmata, Gereja kota Kupang, Tugu Proklamasi Kupang, jembatan Selam dan bekas Benteng Concordia yang kini dimanfaatkan sebagai markas TNI.

Sejumlah bangunan lain adalah bangunan milik warga yang juga memiliki arsitektur masa lalu yang kaya akan cerita dan nilai sejarah.

Editor: Luviana

Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/nusatenggara/3226481_4265.html