BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kopra Putih Sulut Diminati Pasar Luar Negeri

Kopra Putih Sulut Diminati Pasar Luar Negeri
Senin, 18 Agustus 2014 09:19 WIB

TRIBUNNEWS.COM.MANADO - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) akan menggenjot produksi kopra putih.Satu di antara produk turunan kelapa tersebut bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan kopra asap.

"Kami akan terus dorong, agar produktifitas kopra putih di Sulut meningkat," ujar Kadisperindag Sulut Olvie Atteng, Minggu (17/8/2014).

Atteng menambahkan kopra putih akan dikembangkan karena produk turunannya yang cukup banyak di bandingkan dengan kopra asap. Selain itu, pasar di luar negeri pun sangat berminat kepada kopra putih. "Untuk itu memang petani kelapa perlu di bantu agar beralih ke produk tersebut," katanya.

Katanya, petani kelapa masih banyak yang memproduksi kopra asap dibandingkan dengan kopra putih. Meskipun harga kopra putih lebih mahal dibandingkan kopra asap, namun untuk membuatnya juga cukup rumit, karena harus menggunakan tungku khusus. "Saat ini petani Sulut belum banyak yang memiliki tungkunya," tuturnya.

Terpisah, Kabid Perindustrian Disperindag Sulut Benny Nongkan mengungkapkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberikan bantuan tungku untuk produksi kopra putih kepada kelompok petani di Matani Tumpaan Minsel dengan kapasitas 2 ton. Hal ini untuk memenuhi permintaan produk olahan dari kelapa tersebut.

Nantinya setelah diberikan bantuan tungku kopra putih, kelompok petani tersebut diharapkan tidak hanya menghasilkan kopra putih saja, melainkan juga turunan lainnya seperti sabun, sampo dan yang lainnya.

Jika nanti telah menghasilkan produk seperti sabun dan sampo,  pihaknya akan bekerjasama dengan PHRI agar seluruh hotel di Manado menggunakan produk yang diproduksi di bumi nyiur melambai. "Kami akan kembangkan hingga menjadi produk turunan lainnya," tuturnya.

Saat di Sulut terdapat sekitar 10 tungku kopra putih yang tersebar di berbagai daerah, yang merupakan sentra penghasil kelapa. "Kami selektif untuk memberikan bantuan tungku kopra putih, hanya didaerah yang memiliki perkebunan kelapa yang cukup luas yang diberikan," katanya. (erv)




Sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2014/08/18/kopra-putih-sulut-diminati-pasar-luar-negeri

Related-Area: