BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Kisah Tentang Koperasi Nonggup

Senin, 10 November 2014 | 03:37 WIB
Kisah Tentang Koperasi Nonggup


TEMPO.CO , Makassar: Film Nonggup bercerita tentang praktek cerdas di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Koperasi dibangun pada 1 Agustus 2009 dengan modal patungan sebesar Rp 8 juta. Yan—sekretaris distrik yang menginisiasi terbentuknya Koperasi Nonggup—meminta bantuan Riswanto, lelaki asal Jawa yang tinggal di kabupaten, karena Yan tidak punya pengetahuan yang cukup tentang koperasi.

Mereka mendesain sendiri sistem pembukuan dan menganut prinsip keadilan dalam berkoperasi. Alasannya, sistem koperasi yang ada tidak selalu cocok dengan masyarakat sehingga perlu didesain supaya cocok. “Prinsip kami, ada kewajiban ada hak,” ujar Yan.

Film Nonggup yang diluncurkan di gedung Bursa Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) di Makassar, Rabu pekan lalu, itu diproduksi oleh BaKTI bekerja sama dengan Rumah Ide Makassar. Yan Karowa, Kepala Distrik Iniyandit, Kabupaten Boven Digoel, Papua, hadir sebagai narasumber dalam Inspirasi BaKTI, pemutaran, dan diskusi praktek cerdas Nonggup.

Sebelumnya, BaKTI sudah membuat video pendek tentang Koperasi Nonggup ini. Namun BaKTI menggandeng Rumah Ide Makassar untuk membuat film, dan sineas film itu diberi kebebasan berkarya. “Ini film eksperimen,” kata sutradara Arfan Sabran.

Film dibagi dua fase. Kisah di balik ide pembuatan koperasi yang berwarna hitam-putih dan fase setelah koperasi berkembang dengan layar berwarna. Arfan bersama seorang rekannya sebagai juru kamera mengambil gambar selama 15 hari di desa itu.

Manajer Komunikasi BaKTI, Victoria Ngantung, mengatakan cerita ini adalah salah satu bentuk praktek cerdas yang perlu disebarluaskan. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 300 praktek cerdas yang ditemukan oleh BaKTI. Praktek cerdas ini memiliki enam kriteria, yakni partisipatif, inovatif, berdampak nyata, berkelanjutan, pro-poor and pro-gender, serta akuntabel.

REZKI ALVIONITASARI


Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/11/10/111620760

Related-Area: