BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Jumlah Lansia di NTT Capai 350 Ribu Jiwa

Jumlah Lansia di NTT Capai 350 Ribu Jiwa

    Written by  Silver Sega
    Fri,22 August 2014 | 10:34

KBR, Kupang – Usia penduduk lansia di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini mencapai 350 ribu lebih jiwa. Jumlah ini sudah termasuk lansia non potensial atau yang sudah tidak bisa bekerja.

Menurut Sekretaris Komisi Lanjut Usia (Lansia) NTT, Sentis Medi, penduduk lansia yang masih bisa bekerja lebih banyak ada di desa-desa. Mereka hingga kini kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

"NTT itu 349.576 jiwa, mendekati 350 ribu jiwa, data tahun 2010. (Sekarang) kira-kira sekitar  350 ribu jiwa. Itu sudah termasuk lansia non potensial. Cukup banyak karena kita sementara sudah 4 tahun kita belum pendataan," kata Sentis Medi kepada Portalkbr, di Kupang, Jumat (22/8).

Ia menjelaskan, Komisi Daerah Lansia menangani lansia-lansia yang potensial. Sementara, lansia yang non potensial itu ditangani oleh Dinas Sosial NTT.

Sentis Medi mengaku, jumlah Lansia potensial masih cukup banyak yang belum didata. Ini karena Komisi Lansia baru terbentuk di tingkat provinsi. Ia mengatakan, pembentukan Komisi Lansia di tingkat kabupaten masih dalam tahap sosialisasi. Setelah pembentukan komisi lansia tingkat kabupaten, kata dia, akan diikuti dengan pendataan dan pemberdayaan para lansia.

Editor: Anto Sidharta


Sumber: http://portalkbr.com/nusantara/nusatenggara/3338519_4265.html

Related-Area: