BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

PLN Pasang Listrik Gratis Di Pulau Lirang

PT PLN (Persero) memberikan bantuan pemasangan listrik gratis untuk 130 rumah, sekolah dan lampu penerangan jalan di Pulau Lirang Kecamatan Wetar Kabupaten Maluku Barat Daya.

Penyerahan bantuan dan penyalaan listrik secara simbolis dilakukan Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Dirut PLN Sofyan Basir dan Direktur Regional Maluku dan Papua Ahmad Rofiq di sekolah Menengah Pertama (SMP) 7 Lirang, Selasa (8/8).

Rini Soemarno menegaskan, BUMN sebagai agen pembangunan harus bersinergi untuk membangun Indonesia.

"BUMN harus hadir ditengah masyarakat terutama di daerah perbatasan, terluar dan terdepan (3T) agar masyarakat juga dapat menikmati pembangunan," katanya.

Bantuan pemasangan listrik merupakan rangkaian acara BUMN hadir untuk negeri dan menjadi keseriusan PLN sebagai bagian dari BUMN untuk memberikan penerangan hingga pelosok nusantara.

Sofyan Basir juga mendukung upaya pembangunan di Pulau Liran dengan memperkuat sistem kelistrikan di daerah tersebut.

"Dengan adanya suplai listrik yang baik, tentu akan membantu masyarakat membangun dan meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, karena dengan listrik yang handal, anak-anak dapat belajar dengan baik dan dipastikan perekonomian semakin baik," ujarnya.

Sebelumnya, PLN juga telah membangun infrastruktur kelistrikan di Pulau Liran dengan total biaya lebih dari Rp12 miliar.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan tambahan infrastruktur kelistrikan di pulau tersebut sehingga warga dapat menikmati listrik yang lebih handal dan nyaman," katanya.

Lirang merupakan salah satu pulau diantara empat pulau di Kecamatan Wetar Maluku Barat Daya (MBD). Lokasinya cukup kecil dengan jumlah penduduk sekitar 1.118 jiwa atau 236 kepala keluarga.

Pelanggan di Pulau Liran berjumlah 211 kepala keluarga dengan potensi tambahan sebanyak 25 pelanggan 450 VA disubsidi.

Seluruh pasokan listrik saat ini berasal dari suplai Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan rata-rata daya terpasang 300 KW dan rata-rata Biaya Pokok Produksi (BPP) di pulau tersebut sebesar Rp11.182 per KWH.

 

Sumber : http://www.tribun-maluku.com/2017/08/pln-pasang-listrik-gratis-di-pulau.html

 

Related-Area: