BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

Dipromosikan Jokowi, Manado Siap Bangun Pelabuhan

Kamis, 13 November 2014 | 09:50 WIB
Dipromosikan Jokowi, Manado Siap Bangun Pelabuhan

TEMPO.CO, Manado - Pemerintah Kota Manado menyiapkan satu daerah khusus untuk pembangunan pelabuhan umum di Kota Manado. Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan pihaknya sudah menyiapkan daerah di Kecamatan Bunaken tepatnya di Kelurahan Bailang untuk dibangun pelabuhan.

"Wilayah Bailang memang sudah kami siapkan dengan melihat kondisi wilayah dan laut yang baik untuk dijadikan pelabuhan," kata Lumentut kepada Tempo, Kamis, 13 November 2014. (Baca juga: Obsesi Jokowi Kawinkan Tol Laut dan Jalur Sutra)

Lumentut yang juga Ketua APEKSI ini mengaku untuk mendukung pembangunan pelabuhan tersebut, pihaknya memberikan akses jalan tol untuk para investor yang akan menanamkan modal pembangunan di Kota Manado. Lumentut menjamin tidak ada lagi birokrasi panjang bagi para investor yang ingin berinvestasi di Manado.

Menurut Lumentut, Kota Manado sebenarnya telah memiliki pelabuhan yang ada di kawasan Kalimas. Namun, pelabuhan tersebut akan dijadikan sebagai pelabuhan pariwisata. "Nah di wilayah Bailang itu nantinya kita jadikan pelabuhan umum. Sementara di Kalimas kita jadikan sebagai pelabuhan khusus pariwisata yang ingin ke Bunaken dan daerah wisata lainnya," tutur Lumentut.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo dalam KTT APEC menyampaikan dalam pidatonya menyebutkan jika Sulawesi Utara akan dikembangkan sebagai daerah pelabuhan. Jokowi juga menawarkan kepada para investor dari negara-negara APEC untuk masuk ke wilayah Sulawesi dan Maluku untuk menanamkan modal mereka di bidang pelabuhan dan kereta api. (Baca: Jokowi Jadi Primadona di APEC)

ISA ANSHAR JUSUF

Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2014/11/13/058621641/Dipromosikan-Jokowi-Manado-Siap-Bangun-Pelabuhan

Related-Area: