BEKERJA DAN BERBAKTI UNTUK KEMAJUAN KTI

David : Generasi Muda Jadi Pemimpin Masa Depan

David : Generasi Muda Jadi Pemimpin Masa Depan

Oleh Ansar Uwade - Mon Mar 24, 12:08 pm

MATERI. Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib saat memaparkan materi dan memotivasi kader bisa jadi pemimpin masa depan.

Harus Memiliki Tiga Unsur

LIMBOTO—Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib mengatakan, generasi muda harus jadi pemimpin masa depan. Ini diungkapkan saat dirinya didaulat, menjadi pemateri pada Intermediate Training Latihan Kader-II tingkat nasional, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado, di Mess Haji Kota Manado, kemarin.

Menurut David, para kader HMI merupakan calon pemimpin masa depan yang punya integritas, berahlak baik serta kritis dalam menyikapi persoalan daerah, negara dan bangsa. Kepada peserta LK-II, Bupati memotivasi para kader HMI untuk menjadi pemimpin yang amanah, berbasis spiritual untuk menjadi agen perubahan menuju Clean Governance dan Good Governance. Untuk menunjang hal itu Bupati memaparkan beberapa kriteria untuk menjadi pemimpin amanah seperti ability, mobility, haccountability, novelity, adaptability serta Honesty.

Ia menambahkan, untuk menjadi pemimpin harus punya pengetahun, keterampilan dan attitude sehingga ketiga unsur tersebut akan menghasilkan seorang pemimpin yang konsisten, komitmen serta bermental dan berahlak baik.

Menjadi pemimpin amanah yang berbasis spritual memang cukup sulit, dimana seorang pemimpin spritual sadar betul menentukan kiblat yang benar, mereka tidak akan sesat, karena mereka tahu jalan kembali. “Itulah semangat kita yang senantiasa memohon, agar tidak tersesat menuju jalan kembali (waladh-dhooliin), karena akhir kita akan kembali kepada-Nya,” tutur David.

Bagi pemimpin yang berbasis spritual, dunia merupakan perjalanan menanam benih kebaikan kelak akan dipanen di akherat nanti. Terlepas dari itu menurut David, hal yang terpenting adalah bagaimana kita mampu menjadi pemimpin untuk diri sendiri sebelum kita menjadi pemimpin orang banyak. Memimpin orang banyak itu lebih muda ketimbang menjadi pemimpin bagi diri sendiri. “Saya yakin, akan banyak lahir pemimpin besar dan amanah dari kader kader HMI untuk menjadi pemimpin masa depan,” pungkasnya. (Wie)

Sumber: http://gorontalopost.com/2014/03/24/david-generasi-muda-jadi-pemimpin-masa-depan/